Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arab Saudi Diserang Drone Houthi, Pesawat Penumpang Kena Tembak

Pengumuman itu disampaikan koalisi pasukan yang dipimpin Riyadh, sehari setelah sebuah bandara di negara kerajaan itu menjadi target serangan.

Serangan drone yang terbaru menargetkan kota Khamis Mushait di selatan Arab Saudi, yang berisi pangkalan udara utama.

Namun, drone bersenjata Houthi berhasil dihancurkan sebelum mencapai targetnya, kata juru bicara koalisi Turki Al Maliki, dikutip AFP dari media pemerintah Arab SPA.

Sebelumnya beberapa drone menyerang bandara internasional Abha pada Rabu (10/2/2021), yang mendorong Amerika Serikat (AS) menyerukan diakhirinya agresi Houthi.

Pasukan koalisi mengatakan, serangan itu menembaki pesawat penumpang, sementara Houthi menyebutkan, mereka menyerang bandara Abha dengan empat drone.

AS lalu bereaksi dengan berseru agar para pemberontak segera menghentikan tindakan agresif ini, hanya beberapa hari setelah menuntut diakhirinya serangan baru di Yaman.


Washington telah mengakhiri bantuan militer untuk mengakhiri koalisi di Yaman dan menghapus Houthi dari daftar teroris, tetapi masih menegaskan dukungannya untuk Riyadh dalam mempertahankan wilayah.

Di Yaman sendiri Houthi masih melanjutkan serangan untuk merebut benteng terakhir pemerintah di Marib.

Pertempuran berpusat di pangkalan militer pemerintah di barat kota Marib, kata seorang komandan pro-pemerintah di TKP kepada AFP.

Kehilangan kamp akan memutus jalur pasokan penting bagi pasukan pemerintah, katanya.

Adu tembak di pangkalan itu pada Rabu (10/2/2021) menewaskan 23 milisi dan 15 anggota pasukan pemerintah, menurut sang komandan.

Hisham Sharaf Menteri Luar Negeri yang ditunjuk Houthi pada Selasa (9/2/2021) mengatakan, serangan lintas-perbatasan itu adalah balasan atas serangan udara dari koalisi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/02/11/172827870/arab-saudi-diserang-drone-houthi-pesawat-penumpang-kena-tembak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke