Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Potret Perayaan Natal di Berbagai Negara, dari Vatikan sampai Indonesia

Di tengah pandemi virus corona, perayaan hari Natal 2020 pun menjadi berbeda demi mencegah penularan Covid-19.

Meski di beberapa tempat tetap menggelar misa dan sejumlah perayaan, ada juga yang mengosongkan gereja dan menggeser pelaksanaan ibadah atau acaranya secara online.

Di Korea Selatan misalnya, sebagian besar gereja kosong. Para jemaat beribadah secara daring saat "Negeri Ginseng" melaporkan penambahan kasus Covid-19 harian tertinggi.

Namun hari ini hanya ada 15 staf dan para anggota paduan suara di gereja itu.

Misa yang tak seramai biasanya juga terjadi di Vatikan, bahkan dimajukan dua jam ke pukul 19.30 waktu setempat untuk mematuhi aturan jam malam di Italia.

Sebelum pandemi virus corona melanda dunia, ribuan jemaat dan turis mendatangi situs suci itu untuk menghadiri atau melihat misa Natal.

Lalu di Nigeria yang sedang dilanda teror Boko Haram serta kemunculan varian baru virus corona, Misa Natal tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pemandangan serupa juga terlihat di India dan Pakistan. Pandemi virus corona tak menyurutkan niat mereka untuk ke gereja, memanjatkan doa serta harapan di hari suci umat Kristiani ini.

Di Inggris terlihat sebuah keluarga sedang bermain salju di bukit dekat Hexham, sedangkan di Rusia sejumlah seniman berkostum warna-warni untuk menghibur pasien di rumah sakit anak.

Beberapa gereja terpantau tetap dikunjungi jemaat yang mengenakan masker. Pandemi Covid-19 tak menyurutkan niat mereka untuk mengikuti Misa Natal.

Misalnya di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (25/12/2020). Sejumlah jemaat tetap hadir untuk mengikuti Misa Natal 2020 secara tatap muka.

Ada juga cerita menarik di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Toleransi antarumat beragama ditunjukkan remaja masjid Ar Rahman dengan ikut mengamankan Misa Natal di Gereja Paroki Santo Yosep Freinadametsz Bolawolon di Maumere.

Di tempat terpisah, Menteri Agama Indonesia yang baru, Yaqut Cholis Qoumas, menyambangi GBIP Immanuel atau dikenal dengan Gereja Blenduk, Kota Lama Semarang, pada Misa Malam Natal, Kamis (24/12/2020).

"Saya menyampaikan pesan kepada saudara-saudara yang sedang merayakan Natal mari kita bergandengan tangan, mari kita jadikan agama ini sebagai sumber inspirasi untuk membuat kedamaian, untuk menyebarkan kasih sayang," kata Gus Yaqut di hadapan awak media, Kamis (24/12/2020).

(Sumber: KOMPAS.com/Nansianus Taris, Riska Farasonalia, Tria Sutrisna | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief, Farid Assifa, Irfan Maullana)

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/25/212956370/potret-perayaan-natal-di-berbagai-negara-dari-vatikan-sampai-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke