Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kabinet Joe Biden, Menteri Keuangan AS Bakal Dijabat Wanita untuk Pertama Kalinya

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden menunjuk mantan ketua Bank Sentral AS, Janet Yellen, sebagai Menteri Keuangan melalui sebuah pernyataan.

Biden melakukan penunjukan Yellen sebagai calon pemimpin Kementerian Keuangan As tersebut pada Senin (30/11/2020) sebagaimana dilansir dari AFP.

Jika dikonfirmasi oleh Senat AS, Yellen akan menjadi wanita pertama yang menduduki jabatan Menteri Keuangan dalam sejarah AS.

Dia kemungkinan ditugaskan untuk memecahkan kebuntuan atas bantuan Covid-19 jika anggota parlemen tidak sepakat dalam paket kebijakan tersebut sebelum pelantikan Biden pada Januari 2021.

AS tengah berjuang melawan Covid- yang menyebabkan puluhan juta orang terpaksa kehilangan pekerjaannya yang berakibat pada perlambatan pertumbuhan ekonomi tahunan.

Selain itu, dengan banyaknya lonjakan kasus-kasus terbaru, Kongres AS menemui jalan buntu karena itu berarti akan lebih banyak bantuan yang mesti digelontorkan.

"Kita menghadapi tantangan besar sebagai negara saat ini. Untuk bisa pulih, kita harus memulihkan impian Amerika - sebuah masyarakat di mana setiap orang dapat meningkatkan potensi mereka dan bermimpi lebih besar untuk anak-anak mereka," tulis Yellen di Twitter.

"Sebagai Menteri Keuangan, saya akan bekerja setiap hari untuk membangun kembali impian itu untuk semua,” sambungnya.

Selain menunjuk Yellen sebagai Menteri Keuangan AS, Biden juga menunjuk beberapa nama lain yang akan mengisi sejumlah pos penting dalam kabinet Biden.

Beberapa di antara nama tersebut sebagian adalah para pejabat senior yang pernah menjabat dalam pemerintahan Barack Obama.

Tim Transisi Biden mencatat beberapa di antaranya akan mematahkan batasan rasial di posisi mereka.

"Saat kami bekerja untuk mengendalikan virus, ini adalah tim yang akan segera memberikan bantuan ekonomi bagi rakyat Amerika selama krisis ekonomi ini dan membantu kami membangun kembali ekonomi kami lebih baik dari sebelumnya," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Nama Lain

Pencalonan Yellen sebagai Menteri Keuangan AS pertama kali dilaporkan pada pekan lalu.

Biden serta Wakil presiden terpilih Kamala Harris akan secara resmi mengumumkan pencalonannya pada Selasa (1/12/2020).

Nama-nama lain yang dicalonkan utnuk mengisi pos penting dalam kabinet Biden termasuk Neera Tanden, presiden lembaga think tank Center for American Progress, sebagai Kepala Kantor Manajemen dan Anggaran.

Jika dikonfirmasi Senat AS, Tanden akan keturunan Asia Selatan pertama yang menjadi Kepala Kantor Manajemen dan Anggaran.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan akan diisi oleh warga AS kelahiran Nigeria, Wally Adeyemo.

Mantan wakil penasehat keamanan nasional dan dari yayasan nirlaba Obama Foundation itu akan menjadi orang Afrika-Amerika pertama dalam peran itu.

Pernyataan tersebut juga menunjuk Cecilia Rouse sebagai ketua Dewan Penasihat Ekonomi (CEA). Rouse adalah Dekan Princeton School of Public and International Affairs.

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/01/060431270/kabinet-joe-biden-menteri-keuangan-as-bakal-dijabat-wanita-untuk-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke