Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kim Jong Un Mulai Sering Tampil di Depan Publik, Bukti Kalahkan Covid-19?

Statistik itu didapat berdsarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga think tank Korea Selatan, Institute for National Security Strategy (INSS).

Koh Jae-hong, peneliti INSS mengemukakan, aktivitas tatap muka Kim menurun jauh pada tengah tahun pertama, yang terbatas hanya di Pyongyang atau lokasi tertentu.

Namun berdasarkan data yang mereka analisa, jumlah penampilan Kim Jong Un di depan publik mengalami peningkatan pada Juli lalu.

Patokannya adalah ketika Kim memimpin Komisi Militer Pusat Partai Buruh pada Juli dan September, seperti diberitakan Yonhap Selasa (27/10/2020).

Dia memberikan pidato dalam konferensi veteran perang untuk memperingati 67 tahun gencatan senjata Perang Korea pada 1953 silam.

Kim juga muncul ketika memberikan pidato dalam parade militer untuk merayakan 75 tahun berdirinya Partai Buruh pada 10 Oktober.

"Perubahan ini nampaknya merefleksikan peningkatan pengendalian Korea Utara akan Covid-19 berkat bantuan internasional dan sektor lain," kata Koh.

Meski begitu, Koh kemudian melanjutkan kontak tatap muka Kim dengan sejumlah pejabat tak mengindikasikan bahwa Utara bebas dari virus corona.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/28/132955470/kim-jong-un-mulai-sering-tampil-di-depan-publik-bukti-kalahkan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke