Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akan Pulang ke Rusia, Alexei Navalny Ancam Putin

"Tidak pulang berarti Putin mencapai tujuannya. Dan tugas saya sekarang adalah bertahan jadi orang yang tidak takut," katanya kepada mingguan Der Spiegel di wawancara pertamanya usai siuman dari koma, yang diterbitkan Kamis (1/10/2020).

"Saya tidak akan membawakan Putin hadiah dengan tidak kembali ke Rusia," lanjutnya seraya menambahkan bahwa "tugasku adalah pulih secepat mungkin sehingga saya bisa pulang."

Dalam wawancara yang berlangsung hampir 2 jam, pria 44 tahun itu memberikan rincian mencekam tentang bagaimana dia pingsan dalam penerbangan dari Tomsk ke Moskwa, setelah diracuni oleh racun saraf Novichok era Soviet, dalam temukan dokter-dokter di Barat.

Dia menjelaskan kepada awak kabin bahwa dia telah diracuni sebelum tumbang ke lantai.

"Lalu aku mendengar suara-suara yang semakin pelan, seorang wanita berteriak, 'Jangan pingsan!' Begitulah. Aku tahu aku sudah mati. Baru kemudian aku menyadari aku salah," tuturnya dikutip dari AFP.

Terlepas dari pengalamannya yang nyaris berujung maut, dia mengatakan akan melanjutkan aktivitasnya setelah pulang ke Rusia.

"Saya akan terus bepergian melintasi Rusia, tinggal di hotel dan minum air yang ada di kamar. Apa yang bisa saya lakukan sebaliknya? Orang tidak bisa berbuat banyak untuk melawan para pembunuh tak terlihat dari Putin."

Diberitakan AFP, untuk saat ini Navalny tinggal di Berlin bersama istri dan putranya, karena menjalani proses rehabilitasi yang panjang.

"Aku jalan-jalan pagi di taman, itu tugasku, lalu aku senam dengan dokter, lalu malam hari aku jalan lagi," terangnya.

Dia juga mulai latihan juggling, katanya "untuk meningkatkan koordinasi, sehingga tangan akan bergerak searah dengan mata."

Perawatan Navalny dipindah ke Berlin setelah dia pingsan pada Agustus dalam penerbangan ke Moskwa, usai berkampanye untuk mendukung kandidat oposisi di pilkada.

Kritikus Kremlin itu dipulangkan lebih dari seminggu yang lalu dari rumah sakit Berlin tempatnya dirawat.

Jerman yang mengepalai Uni Eropa mengatakan, tek toksikologi menunjukkan Navalny diracuni oleh racun kelas militer, Novichok.

Perancis dan Swedia secara independen menguatkan temuan Jerman.

Kremlin dengan tegas membantah tuduhan keterlibatan, dan menuduh para pemimpin Barat melancarkan kampanye disinformasi atas penyakit pemimpin oposisi itu.

Mereka juga menunjukkan tes yang dilakukan dokter-dokter Rusia saat pertama kali merawat Navalny, bahwa tidak ada yang membuktikan adanya zat beracun.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/01/202635570/akan-pulang-ke-rusia-alexei-navalny-ancam-putin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke