Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dianggap Seksis, Parkir Khusus Wanita Ini Akhirnya Dihapus

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah swalayan di kota Kazan, Tsum, 800 kilometer di timur Moskwa memiliki sebuah tempat parkir mobil khusus untuk pelanggan wanitanya yang memicu protes.

Melansir Moscow Times, tempat parkir berwarna merah muda itu diberi simbol parkir khusus wanita berwarna putih dan dikhususkan untuk para pelanggan wanita akhir bulan lalu.

Menurut keterangan Direktur Umum swalayan Tsum, ruang parkir itu dibuat 'dengan cinta' untuk para perempuan, anak-anak, ibu muda, dan para lansia.

Penduduk lokal menyuarakan ketidaksenangan mereka dengan tempat parkir tersebut, beberapa menyebut tindakan itu menunjukkan pemikiran yang seksis (diskriminasi berdasarkan jenis kelamin) dan yang lainnya menuduh swalayan tersebut telah melanggar hak-hak laki-laki.

Kepala pengembangan dan hubungan klien swalayan itu mengatakan bahwa ruang parkir tersebut diperpanjang menjadi 4,4 meter dari 2,5 meter "untuk kenyamanan wanita dalam berkendara".

Mereka juga beralasan karena ruang yang lebih besar akan lebih "nyaman untuk memuat barang belanjaan ke dalam bagasi".

Jaksa Kazan dengan cepat mengetahui kasus diskriminasi tersebut dan mengatakan bahwa hal itu benar menunjukkan "tanda-tanda diskriminasi terhadap pengemudi berdasarkan gender".

Polisi lalu lintas Kazan memerintahkan toko tersebut untuk menghapus ruang parkir berwarna merah muda itu, dengan mengatakan,

"Tidak ada konsep parkir pria atau wanita dalam peraturan lalu lintas. Ada konsep tentang lebar tempat parkir dan jumlah tempat untuk penyandang disabilitas, tapi tidak menurut jenis kelamin."

Peringatan peraturan dari kepolisian itu pada akhirnya membuat swalayan tersebut menghapus ruang parkir khusus perempuan pada 6 Agustus lalu.

https://www.kompas.com/global/read/2020/08/23/135949070/dianggap-seksis-parkir-khusus-wanita-ini-akhirnya-dihapus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke