Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Singapura Laporkan 386 Kasus Baru Covid-19, Total 2.918 Orang Terinfeksi

Selain itu dalam pembaruan hariannya, Kementerian Kesehatan (MOH) menyampaikan warga pria berusia 65 tahun meninggal karena infeksi virus corona.

Kasus yang menimpa pria itu membuat jumlah kematian karena Covid-19 di Singapura mencapai sembilan orang, diwartakan Channel News Asia Senin (13/4/2020).

Empat klaster baru wabah itu juga diumumkan, yakni penyedia pintu CitiWall, ABC Hostel yang berlokasi di Jalan Kubor, dan dua asrama.

Dari 386 kasus baru, 280 di antaranya berhubungan dengan klaster lama, dengan mayoritas merupakan pemegang izin kerja di asrama.

Sebanyak 12 penderita baru terinfeksi dari kasus sebelumnya, tujuh di antaranya warga Negeri "Singa" atau permanent residents, dan lima sisanya work permit holders.

S11 Dormitory @Punggol menjadi klaster dengan kasus virus corona terbanyak, di mana di sana, terdapat 586 kasus yang terkonfirmasi.

Kemudian 94 kasus baru tak punya sejarah berhubungan dengan penderita sebelumnya, sehingga tracing kontak mereka ditangguhkan.

Dari 94 orang, 21 merupakan warga Singapura atau permanent residents, lima pemegang Short Pass, 64 work permit holders, dan sisanya pemegang izin Long Pass.

Pemerintah negara-kota itu juga menyatakan, mereka tidak menemukan adanya kasus impor pada Senin.

4 klaster baru, 1 klaster ditutup

Selain munculnya empat klaster baru, MOH menuturkan klaster yang berlokasi SAFRA Jurong dinyatakan ditutup setelah tidak ada penularan baru.

"Karena tidak ada kasus baru di SAFRA Jurong selama dua periode inkubasi (28 hari) sejak 15 Februari, maka klaster itu resmi ditutup," kata MOH.

Kemudian empat klaster baru yang dilaporkan, selain CitiWall dan ABC Hostel, dua lainnya adalah asrama Tech Park Crescent, dan asrama Kranji.

Di CitiWall, enam kasus sebelumnya berhubungan di tempat itu. Kemudian satu dari kasus baru pada Senin punya riwayat dengan enam kasus awal di ABC Hostel.

Di asrama Tech Park Crescent, satu kasus baru berhubungan dengan delapan pasien sebelumnya, dengan Kranji menjadi lokasi enam infeksi awal.

Paparkan tren penularan Covid-19

Pada Minggu (12/4/2020), MOH memberikan pemaparan mengenai tren kasus harian virus corona berdasarkan tipe transmisi yang berbeda.

Jumlah kasus impor sempat meningkat pada pertengahan Maret karena banyaknya warga yang kembali. Tapi sejak saat itu, menurun hingga mencapai nol.

Kemudian kasus di komunitas juga meningkat karena gelombang kasus impor. Tapi dalam beberapa hari terakhir, jumlahnya mulai menurun karena kebijakan social distancing.

Untuk kasus di asrama dan pemegang izin kerja, MOH menerangkan peningkatan bakal terus terjadi karena mereka terus melaksanakan tes di tempat tersebut.

Kebijakan pembatasan sosial secara ketat diterapkan Negeri "Singa", dikenal sebagai periode circuit breaker, bakal berlangung hingga 4 Mei.

Denda bakal dijatuhkan bagi siapa pun pelanggar social distancing, dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong meminta warga lansia untuk di rumah saja.

https://www.kompas.com/global/read/2020/04/14/172928970/singapura-laporkan-386-kasus-baru-covid-19-total-2918-orang-terinfeksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke