Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar SNBP-SNBT 2023, Ini Cara Cek Daya Tampung Prodi PTN

Kompas.com - 10/02/2023, 13:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa eligible yang belum melakukan registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 masih ada kesempatan hingga 15 Februari 2023 mendatang.

Setelah melakukan registrasi SNPMB, siswa eligible bisa mendaftar SNBP 2023 yang dibuka pada 14 Februari 2023 mendatang.

Waktu yang tinggal sebentar lagi harus benar-benar dimanfaatkan para siswa eligible untuk memikirkan perguruan tinggi negeri (PTN) atau Politeknik Negeri (PN) pilihan, termasuk menentukan program studi (prodi) atau jurusan kuliah.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk memilih jurusan kuliah adalah melihat daya tampung prodi yang akan dipilih.

Baca juga: Universitas Indonesia Sediakan 10.159 Kursi di 5 Jalur Masuk 2023

Cara mengecek semua prodi di PTN 

Jika daya tampung suatu prodi cukup besar, tentu peluangmu untuk diterima di jurusan tersebut juga lebih besar. Namun, tentu saja hal ini bukan menjadi patokan kamu bakal diterima di prodi tersebut.

Karena siswa eligible yang mendaftar SNBP 2023 akan bersaing dengan seluruh siswa eligible dari seluruh Indonesia, maka kamu juga perlu melihat jumlah peminat prodi tersebut. Dengan begitu kamu bisa melihat seberapa besar tingkat persaingan prodi.

Melihat daya tampung semua prodi di semua PTN dan politeknik negeri bisa melalui laman sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Selain itu, siswa juga bisa melihat peminat di seleksi PTN tahun sebelumnya.

Dengan cara ini, kamu bisa memperkirakan seberapa peluangmu bisa berhasil lolos di suatu prodi.

Baca juga: Daftar Prodi Daya Tampung Terbanyak di UGM Jalur SNBP 2023

Jika kamu masih bingung bagaimana cara mengecek daya tampung prodi di semua PTN yang bisa dipilih dalam SNPMB 2023, berikut cara yang harus dilakukan:

1. Buka situs sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

2. Halaman akan memunculkan daftar 94 PTN dengan prodi Sarjana dan Diploma IV

3. Langkah selanjutnya yakni, klik nama PTN atau universitas yang akan dicari tahu daya tampung dan peminatnya

4. Kemudian akan muncul halaman yang menampilkan daftar prodi, jenjang, daya tampung 2023, peminat 2022, dan jenis portofolionya.

Selain itu, calon mahasiswa juga bisa melihat sebaran peminat sekaligus data keketatan prodi selama 5 tahun ke belakang.

Sedangkan untuk melihat sebaran dan data keketatan tersebut, calon mahasiswa hanya perlu klik di bagian nama prodi atau jurusan.

Baca juga: 5 Beasiswa S1 ITB 2023 bagi Calon Mahasiswa, Ini Cara Pengajuannya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com