Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Dibuka Beasiswa Belajar Bahasa Mandarin, Tunjangan Rp 12 Juta

Kompas.com - 28/03/2022, 08:49 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Taiwan masih membuka pendaftaran Huayu Enrichment Scholarship (HES), program beasiswa non-gelar bagi Warga Negara Indonesia yang berminat mengikuti kursus Bahasa Mandarin di Taiwan.

Batas waktu pendaftaran beasiswa pada 31 Maret 2022. Skema beasiswa non-gelar ini menyediakan tunjangan bulanan sebesar NTD 25.000 dengan durasi 6 (enam) bulan.

Tujuan program Huayu Enrichment Scholarship (HES) adalah untuk mendorong warga negara asing (bagi penduduk daratan Cina, Hongkong, dan Makau tidak termasuk) untuk mengambil kursus bahasa Mandarin di Taiwan.

Melansir laman Kemendikbud Ristek, skema beasiswa non-gelar ini menyediakan tunjangan bulanan dengan durasi 6 (enam) bulan. Periode penerimaan beasiswa antara 1 September 2022 sampai depan 31 Agustus 2023.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Kuliah dan Hidup? Daftar Beasiswa Pertamina 2022

Cakupan

1. Durasi Beasiswa: 6 bulan

2. Dana tunjangan beasiswa yang diberikan: tunjangan bulanan sebesar NTD 25.000 (setara USD 900) atau sekitar Rp 12,4 Juta

Persyaratan

Pemohon harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Berumur 18 tahun atau lebih, lulusan SMA atau di atasnya, memiliki prestasi akademik dan moral yang baik.

2. Jika pemohon tergolong dalam salah satu kualifikasi di bawah ini, maka pemohon tidak memenuhi kriteria untuk mendaftar program HES:

  • Merupakan warga negara Taiwan atau pemilik status Overseas Chinese Student.
  • Saat ini pemohon merupakan pelajar di salah satu Language Center di Taiwan dan/atau pernah menjadi pelajar di salah satu perguruan tinggi di Taiwan (mengambil degree program).
  • Pernah menerima Beasiswa HES maupun Beasiswa MoE Taiwan.
  • Sewaktu belajar di Taiwan, peserta merupakan mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar atau double degree yang merupakan program kerja sama antar universitas.
  • Penerima subsidi/beasiswa lainnya yang diberikan oleh lembaga Pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lainnya di Taiwan.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Persyaratan dokumen

  • Formulir pendaftaran Beasiswa HES.
  • Fotokopi Paspor dan Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir. (Ijazah dan transkrip harus dalam bahasa Inggris atau Mandarin. Jika dokumen tidak dalam bahasa Inggris atau Mandarin, maka harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Mandarin, dan harus dilegalisir sampai tahap TETO. Apabila Anda merupakan lulusan dari luar negeri, maka ijazah dan transkrip perlu dilegalisir di kantor TETO di negara tersebut.
  • Fotokopi Bukti Formulir Pendaftaran Language Center, yang membuktikan bahwa Anda telah mendaftar ke Language Center di Taiwan (daftar Language Center bisa dilihat di Lampiran 3).
  • Dua surat rekomendasi yang sudah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop. (contoh pemberi rekomendasi: oleh Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau Supervisor).
  • Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi dan dengan tanda tangan digital tidak berlaku.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Pengumuman beasiswa

TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa secara individu kepada masing-masing penerima beasiswa via email sebelum tanggal 10 Juni 2022. TETO tidak akan menghubungi satu per satu peserta yang tidak lolos program HES.

Dokumen pendaftaran dan dokumen lainnya dapat dikirimkan ke:

Kantor Taipei Economic and Trade Office
Gedung Artha Graha lt.17,
Jl. Jend Sudirman kav 52-53, SCBD, Jakarta 12190
(dituliskan di amplop depan: “Pendaftaran Beasiswa HES”)

(Kami tidak menerima konfirmasi penerimaan dokumen, silakan cek status pengiriman secara mandiri ke masing-masing jasa pengiriman. Kami juga tidak menerima pengiriman dokumen via jasa pengiriman online seperti Gojek atau Grab).

Selain mengirimkan dokumen fisik persyaratan, peserta juga wajib mengisi formulir online di link berikut https://forms.gle/kKRrEne1Rvm5jX648

(Jika hanya mengirimkan dokumen persyaratan ke TETO tanpa mengisi formulir online, maka pendaftaran beasiswa dianggap gagal oleh pihak TETO)

Informasi didapat melalui laman Kemndikbud Ristek http://dikti.go.id/sumber-daya/penawaran-taiwan-scholarship-dan-huayu-enrichment-scholarship-2022/ 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com