Menristek Luncurkan Ventilator Lokal Karya Anak Bangsa

Kompas.com - 27/01/2021, 14:38 WIB
Menristek Bambang saat peluncuran ventilator karya ITB dengan PT.Panasonic Health Care Indonesia DOK.laman web KemenristekMenristek Bambang saat peluncuran ventilator karya ITB dengan PT.Panasonic Health Care Indonesia

KOMPAS.com- Kontribusi anak bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 perlu diacungi jempol.

Kali ini, ada produk ventilator buatan lokal dengan standar internasional besutan Institut Teknologi Bandung ( ITB) melalui anak usaha PT.Rekacipta Inovasi ITB (RII) bekerja sama dengan PT. Panasonic Health Care Indonesia (PCHI) dan didukung PT. Layani Nahdlatul Ulama.

Dengan nama ventilator continuous positive airways pressure (CPAP) Vent-I Essential 3.5, diharapkan bisa mengurangi ketergantungan akan ventilator impor.

Baca juga: BUMN Ini Buka 24 Lowongan untuk Lulusan SMK, D3, dan S1

“Hal ini merupakan momen bersejarah, karena sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia tidak pernah produksi ventilator secara mandiri. Kami harap inovasi ini tidak sampai pada kebutuhan darurat selama pandemi tetapi terus berlanjut ke industri," ujar Menristek/Kepala BRIN  Bambang Brodjonegoro saat memberi sambutan pada peluncuran produk ventilator di PT PHCI, Kawasan Industri , Cikarang, Bekasi (26/1/2021).

Ia mengatakan, ventilator ini merupakan bentuk hilirisasi di tengah pandemi.

Produk ventilator varian terbaru dari Vent-I ini telah memenuhi standar internasional alat kesehatan.

Yaitu, International Electronical Commission_ (IEC 60601) dan standar persyaratan ventilator (IEC80601), serta standar kompatibilitas elektro magnetik EN55011-CISPR 11.

Apalagi, PT PCHI sendiri merupakan perusahaan pionir produsen alat kesehatan berbasis elektronika di Indonesia yang telah memenuhi sertifikat internasional. Tentu hal ini membuat ventilator ini sangat berdaya saing dengan produk impor.

Baca juga: Tim Dosen ITB Kembangkan Ventilator Portabel Teknologi Ambu-Bag

Direktur PT PHCI Dewanto Hari Sulaksono menyebutkan pihaknya berkomitmen membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 melalui inovasi produk berkualitas tinggi.

Ventilator ini merupakan hasil kerja sama dengan ITB. Produk ini dirancang oleh ITB kemudian disempurnakan dan diproduksi oleh PHCI. CPAP Vent-I Essential 3.5 dirancang untuk mudah digunakan dengan akurasi kinerja dan efikasi yang tinggi," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X