Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcus Gideon Pensiun: Dari Madesu ke No 1 hingga Reaksi PBSI

Kompas.com - 10/03/2024, 05:31 WIB
Ahmad Zilky,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Marcus Fernaldi Gideon memutuskan pensiun pada usia 33 tahun. PBSI pun telah memberikan respons atas pengumuman Marcus untuk gantung raket.

Marcus Gideon memberi tahu publik bahwa dirinya pensiun dari pentas bulu tangkis profesional di media sosial pribadinya pada Sabtu (9/3/2024).

"Pada hari ini, tepat pada usia 33 tahun, saya memutuskan berhenti dari karier profesional badminton," kata Marcus Gideon di Instagram pribadinya.

"Tidak terasa, 25 tahun tidak henti-hentinya saya berlatih dan bersaing di lapangan," kata eks partner ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo itu.

Baca juga: Marcus Fernaldi Gideon Putuskan Pensiun dari Dunia Bulu Tangkis

Selama Marcus Gideon berkarier di bulu tangkis, atlet yang akrab disapa Koh Sinyo itu bermain di sektor ganda putra dan pernah berpasangan dengan Kevin Sanjaya dan Markis Kido.

Namun, nama Marcus Gideon melesat ketika berpartner dengan Kevin Sanjaya. Keduanya pun kerap dijuluki The Minions.

Prestasi Marcus/Kevin mentereng pada tahun 2017 dengan meraih tiga gelar beruntun pada awal tahun, yakni All England, India Open, dan Malaysia Open.

Tak ayal, Marcus Gideon mengucapkan terima kasih kepada eks parternya, yakni Markis Kido dan Kevin Sanjaya.

Baca juga: Marcus Fernaldi Gideon Gantung Raket: Dianggap Madesu, Jadi No 1 Dunia

"Saya berterima kasih kepada Markis Kido dan Kevin, dll. Terima kasih keluarga saya yang selalu mendukung dan mendoakan saya,” katanya.

Marcus Gideon sempat dipandang sebelah mata

Marcus Fernaldi Gideon (depan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020, berhadapan dengan pasangan India, Chirag Shetty dan Satwiksairaj Rankireddy, di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, 26 Juli 2021. AFP/ALEXANDER NEMENOV Marcus Fernaldi Gideon (depan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020, berhadapan dengan pasangan India, Chirag Shetty dan Satwiksairaj Rankireddy, di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, 26 Juli 2021.

Walau Marcus Gideon mempunyai karier mentereng di bulu tangkis, pria kelahiran Jakarta itu sempat dipandang sebelah mata.

Betapa tidak? Pria berumur 33 tahun itu semasa kecil sering dianggap tidak mempunyai masa depan cerah.

"Semasa saya kecil, bahkan guru saya pun menganggap saya 'madesu' atau masa depan suram, dianggap sebelah mata karena postur saya yang tidak tinggi," kata Gideon.

Akan tetapi, Gideon dapat memberikan pembuktian kala tumbuh dewasa. Ia mencapai kesuksesan tinggi di dunia bulu tangkis.

Baca juga: Marcus Fernaldi Gideon Gantung Raket: Dianggap Madesu, Jadi No 1 Dunia

Marcus Gideon bahkan mampu mewujudkan mimpi bersama Kevin Sanjaya untuk menduduki peringkat nomor 1 dunia BWF pada rentang 2017-2022.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com