Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Herry IP Akui Marcus/Kevin Menurun, Singgung Ekspektasi Masyarakat

Kompas.com - 14/10/2022, 14:40 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi mengakui Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengalami penurunan performa. Namun, ia menilai itu sebagai hal normal. 

Hal tersebut disampaikan Herry Iman Pierngadi ketika ditemui awak media termasuk Kompas.com di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (13/10/2022). 

"Ya memang kenyataannya agak sedikit menurun pasca-Gideon operasi, itu pertama. Kedua juga umurnya bertambah. Menurut saya itu siklus normal, tidak bisa terus di atas," kata Herry. 

Herry IP pun menyoroti ekspektasi publik yang dianggapnya terlalu besar kepada Marcus/Kevin. 

Baca juga: Marcus/Kevin Turun Peringkat, Ahsan/Hendra Beri Pesan

Menurutnya, para penggemar dan masyarakat harus memahami bahwa setiap atlet mengalami pasang surut performa sehingga kekalahan tidak selalu dicap sebagai kegagalan. 

"Ekspektasi masyarakat Indonesia ke Minions (julukan Marcus/Kevin) terlalu luar biasa, tidak boleh kalah. Runner up aja gagal," kata pelatih yang akrab disapa Coach Naga Api ini. 

"Jadi itu yang harus dimengerti. Pemain itu ada masa performance-nya naik turun. Ini yang kami jaga. Sebenarnya sama dengan Ahsan/Hendra," ucapnya melanjutkan. 

"Siklus itu normal, cuma kadang-kadang ekspektasi para netizen, penggemar, inginnya terus (di atas). Kalau turun sedikit, "Kok turun?". Menurut saya itu normal," ucap Herry.

Baca juga: Hubungan Herry IP-Kevin Sanjaya Semakin Bagus Jadi Aura Positif Hadapi Tur Eropa

Marcus/Kevin tahun ini memang belum berhasil meraih juara. Mereka sempat absen di Korea Open dan Kejuaraan Asia karena Marcus menjalani operasi pergelangan kaki. 

Setelah itu, Marcus/Kevin comeback di Indonesia Masters dan Indonesia Open.

Namun, penampilan Marcus yang belum sepenuhnya normal membuat ganda putra berjuluk Minions itu harus kembali menepi. 

Marcus/Kevin absen di Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapore Open 2022. Mereka beraksi lagi di Kejuaraan Dunia dan Japan Open 2022. 

Total, Marcus/Kevin baru tampil lima kali pada tahun 2022 dengan pencapaian terbaik sebagai semifinalis All England dan Indonesia Masters. 

Selanjutnya, Marcus/Kevin akan bertanding di Denmark Open 2022 dan French Open 2022. 

Denmark Open akan berlangsung pada 18-23 Oktober 2022, sedangkan French Open digelar pada 25-30 Oktober 2022. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com