Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rinov/Pitha Juara Spain Masters 2024: Akhiri Puasa Gelar 3 Tahun, Fokus demi Olimpiade

KOMPAS.com - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, menjadi juara Spain Masters 2024 pada Minggu (31/3/2024). 

Rinov/Pitha mengalahkan Cheng Xing/Zhang Chi (China) pada final Spain Masters 2024 di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, dengan skor 17-21, 21-12, 21-13. 

Hasil ini tak hanya membawa Rinov/Pitha ke podium juara, tetapi juga membayar kekalahan di final Orleans Masters dua pekan lalu. 

Rinov/Pitha menjadi runner-up Orleans Masters 2024 usai kalah 21-16, 18-21, 15-21 dari Cheng Xing/Zhang Chi. 

Keberhasilan di Spain Masters 2024 juga mengakhiri puasa gelar Rinov/Pitha selama tiga tahun sejak terakhir kali menjuarai turnamen yang sama pada 2021. 

Rinov bersyukur masih punya kesempatan merasakan podium tertinggi. Gelar ini juga bermakna sebab menjaga asa tampil di Olimpiade Paris 2024. 

"Alhamdulillah kami bisa juara lagi. Tiga tahun terakhir adalah ujian buat kami, tetapi kami tetap berusaha untuk kembali," kata Rinov dalam keterangan PBSI. 

"Mungkin ini jalannya Tuhan hari ini (kemarin) kami bisa ke podium tertinggi. Gelar ini sangat berarti karena peluang untuk masuk Olimpiade masih sangat terbuka," ungkapnya. 

Sementara itu, Pitha lega akhirnya segala perjuangannya dan Rinov untuk kembali menjadi juara berbuah manis. 

"Gelar juara ini sangat bermakna dan berharga. Banyak sekali artinya. Kami bersyukur bisa kembali juara," kata Pitha. 

"Kami persembahkan gelar ini untuk keluarga, pelatih serta tim ganda campuran, PBSI, dan semua yang ada di balik layar," ujarnya. 

"Kami hanya yakin bahwa semua yang diperjuangkan akan ada hasilnya entah kapan. Jadi, coba terus selagi kesempatan itu masih diberikan," ucap Pitha. 

Pitha menegaskan bahwa perjuangannya belum berakhir. Ia dan Rinov masih akan bertanding di Kejuaraan Asia untuk menambah poin menuju Olimpiade Paris 2024. 

Kejuaraan Asia 2024 akan digelar di Ningbo, China, pada 9-14 April 2024. Ini akan menjadi kualifikasi terakhir cabang olahraga bulu tangkis untuk Olimpiade. 

"Tugas kami belum selesai, masih ada Kejuaraan Asia untuk memastikan tiket Olimpiade," ungkap Pitha. 

"Setelah ini, kami akan fokus menjaga kesehatan karena akan jetlag dan jaga pikiran juga usai lima turnamen di Eropa pasti melelahkan," tuturnya. 

https://www.kompas.com/badminton/read/2024/04/01/09012248/rinov-pitha-juara-spain-masters-2024-akhiri-puasa-gelar-3-tahun-fokus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke