Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Piala Thomas 2022: Ahsan/Kevin Kalah, Indonesia 0-2 Korea Selatan

KOMPAS.com - Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo tak berhasil membawa Indonesia menyamakan kedudukan melawan Korea Selatan pada laga terakhir Grup A Piala Thomas 2022. 

Duel penentuan juara grup antara Indonesia dan Korea Selatan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). 

Ahsan/Kevin yang diturunkan sebagai ganda putra pertama kalah 18-21, 21-13 dan 12-21 dari Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk. 

Hasil tersebut membawa Indonesia tertinggal 0-2 dari Korea Selatan. Sebelumnya, Indonesia juga tak berhasil mengambil poin partai pertama usai Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Heo Kwang-hee. 

Selanjutnya, perjuangan Indonesia dilanjutkan dengan Shesar Hiren Rhustvito yang akan melawan Jeon Hyeok-jin. 

Ulasan pertandingan

Ahsan/Kevin masuk ke lapangan saat Indonesia dalam keadaan tertinggal 0-1 usai Anthony Sinisuka Ginting kalah di partai pertama melawan Heo Kwang Hee. 

Pasangan gado-gado Indonesia itu tak mengawali gim pertama dengan bagus. Ahsan/Kevin sudah tertinggal 0-5 dari Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk. 

Skor Ahsan/Kevin baru berubah menjadi 1-5 setelah pukulan Ahsan gagal dikembalikan Seo Seung-jae.

Meski demikian, Ahsan/Kevin belum bisa memangkas jarak. Mereka justru tertinggal semakin jauh dalam kedudukan 1-8 setelah pengembalian Kevin nyangkut di net. 

Servis Kevin yang dinyatakan fault karena melebihi batas 115 cm membuat pasangan Korea Selatan unggul 11-5 pada interval gim pertama. 

Seusai turun minum, bola-bola Seo/Kang masih tampak menyulitkan Ahsan/Kevin. Duet pemain PB Djarum itu belum berhasil mendekati poin pasangan Korea. 

Mereka masih tertinggal lima poin dalam kedudukan 8-13. Namun, dimulai sejak challenge yang menyatakan bola Seo/Kang keluar, Ahsan/Kevin meraih lima angka beruntun dan menyamakan kedudukan menjadi 13 sama. 

Untuk pertama kalinya, Ahsan/Kevin unggul 14-13 setelah raket Seo Seung-jae tak mampu menjangkau pengembalian Kevin. 

Akan tetapi, keunggulan itu tak bertahan lama sebab Seo/Kang kembali unggul 15-14 berkat kesalahan pengembalian bola Ahsan/Hendra yang keluar dan menyangkut di net. 

Ahsan/Kevin memiliki kesempatan menyamakan skor saat tertinggal 16-17, tetapi mereka tak berhasil setelah sergapan Kevin justru menabrak net. 

Alhasil, jarak angka antara Ahsan/Kevin dan Seo/Kang pun tetap dua poin dalam kedudukan 16-18. 

Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk terus mendulang poin hingga mengunci gim pertama dengan kemenangan 21-18 setelah pengembalian Ahsan menyangkut di net. 

Ahsan/Kevin membuka gim kedua dengan keunggulan dua poin dengan skor 3-1 atas Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk. 

Pasangan Korea Selatan terus berusaha menutup jarak, tetapi Ahsan/Kevin juga berhasil mempertahankan keunggulan. 

Mereka unggul 6-3 setelah bola tanggung yang disambar Ahsan di depan net gagal diterima dengan sempurna oleh wakil Korea Selatan dan bola jatuh di luar lapangan. 

Ahsan/Kevin lalu unggul 11-6 pada interval gim kedua. Poin ke-11 didapat Ahsan/Kevin setelah terjadi kesalahan komunikasi antara Seo Seung-jae dan Kang Min-hyuk.

Mereka saling menunggu untuk mengambil pengembalian backhand Ahsan yang pada akhirnya jatuh tepat di dalam garis. 

Defense yang rapat dan diakhiri pukulan Kevin yang dibiarkan masuk oleh Kang Min-hyuk membuat Ahsan/Kevin unggul 14-9. 

Pengembalian Kevin yang jatuh di sisi kiri lapangan Korea yang kosong membuatnya dan Ahsan mencapai game point 20-12. 

Pukulan Kevin juga yang pada akhirnya memastikan kemenangan di gim kedua. Netting yang membuat Seo/Kang tak berkutik membuat Ahsan/Kevin menang 21-13. 

Dua kali kesalahan Kevin yaitu servis dan tak berhasil menyeberangi kok membuat pasangan Korea unggul 2-0 pada awal gim ketiga atau penentu. 

Namun, mereka mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan berbalik unggul 3-2 setelah smes Ahsan ke arah badan membuat Kang Min-hyuk tak berkutik. 

Kang Min-hyum lagi-lagi menjadi sasaran serangan Ahsan/Kevin. Kini, giliran smes Kevin yang tak bisa dikembalikang Kang dan membawa pasangan Indonesia unggul 6-3. 

Laju angka pasangan Indonesia sempat terhenti setelah shuttlecock Kevin dua kali menyangkut di net yang mengizinkan sang lawan mendekat dengan skor 5-6. 

Sempat kembali unggul 8-6, Ahsan/Kevin justru mendapat tekanan lagi usai Seo/Kang menyamakan kedudukan menjadi 8-8. 

Wakil Korea pun berbalik unggul 9-8 setelah upaya Kevin mengembalikan smes Seo Seung-jae menyangkut di net. 

Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk pun mempertahankan keunggulan itu hingga interval gim ketiga dengan skor 11-8. 

Setelah bergantian lapangan, Ahsan/Kevin justru balik tertinggal empat poin dalam kedudukan 10-14. 

Momen keunggulan 9-8 sebelum interval gim tampaknya mendongkrak kepercayaan diri Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk. 

Serangan-serangan mereka terus berbuah poin dan unggul 17-11 pada momen krusial menjelang akhir gim ketiga. 

Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk pada akhirnya memastikan kemenangan 21-12 atas Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo di gim ketiga. 

Dengan demikian, Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk membawa Korea Selatan unggul 2-0 atas Indonesia setelah menang 21-18, 13-21 dan 21-12. 

https://www.kompas.com/badminton/read/2022/05/11/16372798/hasil-piala-thomas-2022-ahsan-kevin-kalah-indonesia-0-2-korea-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke