Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Badminton Asia Championship: Tekuk Juara Dunia, Jojo Lawan Chico di Semifinal

KOMPAS.com - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie melaju ke semifinal Badminton Asia Championship atau Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. 

Jonatan Christie lolos ke babak empat besar setelah mengalahkan juara dunia asal Singapura Loh Kean Yew pada partai perempat final, Jumat (29/4/2022). 

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina, Jonatan menang dua gim langsung dengan skor ketat 22-20 dan 23-21. 

Keberhasilan Jojo ini sekaligus memastikan "all Indonesian semifinal" terwujud. Jonatan akan bertanding melawan kompatriotnya Chico Aura Dwi Wardoyo. 

Jalannya pertandingan

Jonatan tertinggal 0-3 dari Loh Kean Yew pada awal gim pertama. Pebulu tangkis yang akrab disapa Jojo itu terus berjarak tiga poin dari Loh Kean Yew dalam kedudukan 3-6. 

Jojo kemudian bisa menyamakan skor menjadi 6 sama. Namun, Loh Kean Yew berhasil menekan laju angka Jojo di angka enam. 

Sementara itu, juara dunia 2021 tersebut terus melaju dan kembali unggul 9-6 atas Jojo. Di sisi lain, Jojo kembali bisa menempel perolehan poin Loh Kean Yew menjadi 9-9. 

Akan tetapi, Jojo tak bisa memanfaatkan momentum dan masih tertinggal 9-11 pada interval gim pertama. 

Loh Kean Yew masih memimpin 15-12 setelah turun minum. Namun, Jojo lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan menjadi 15 sama. 

Momen itu menjadi titik balik bagi Jonatan yang setelahnya berbalik unggul hingga 19-15. Loh Kean Yew tak menyerah dan memaksa terjadinya deuce 20-20.

Bola pengembalian Loh Kean Yew yang jatuh di luar garis putih membuat Jonatan menutup gim pertama dengan kemenangan 22-20. 

Jojo sempat tertinggal 2-3 pada awal gim kedua. Ia menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah berhasil mengembalikan bola tanggung Loh Kean Yew. 

Jojo sempat balik unggul 6-4, tetapi Loh Kean Yew terus mengejar dan kembali memimpin dengan skor 7-6. 

Akan tetapi, keunggulan Loh Kean Yew tak bertahan lama. Backhand smes Jojo kembali membuat papan skor menunjukkan angka sama yaitu 7-7. 

Jojo kemudian meraih empat poin beruntun dan unggul 11-7 pada interval gim kedua. Setelah jeda, Jojo masih mendominasi dan memimpin dengan skor 14-9. 

Akan tetapi, Loh Kean Yew mampu memangkas jarak dan mendekati poin Jojo dalam kedudukan 14-16. 

Smes terukur yang diarahkan Loh Kean Yew ke badan Jojo membuat pemain asal Singapura itu menyamakan kedudukan 16-16. 

Jojo berhasil keluar dari tekanan dengan meraih tiga poin beruntun dan unggul 19-16. Namun, pertandingan tak berjalan mudah bagi juara Swiss Open 2022 itu. 

Loh Kean Yew kembali menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Terjadi tiga kali deuce sebelum akhirnya Jojo memastikan kemenangan 23-21. 

Jonatan Christie pun melaju ke semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 usai memetik kemenangan 22-20 dan 23-21. 

https://www.kompas.com/badminton/read/2022/04/29/19593488/hasil-badminton-asia-championship-tekuk-juara-dunia-jojo-lawan-chico-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke