Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Teh Tawar Setiap Hari?

Kompas.com - 18/02/2024, 06:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum teh tanpa gula atau teh tawar sering menjadi alternatif bagi beberapa orang untuk mendapatkan berbagai manfaat dari minuman ini.

Meskipun terasa pahit dan kurang nikmat untuk sebagian orang, namun teh tawar populer untuk sebagian kalangan pencinta teh.

Para peneliti dari University College London dan University of Leeds mengungkapkan, teh tawar bisa menjadi minuman yang lebih sehat dibanding dengan teh yang diberi tambahan gula.

Pasalnya, teh dengan tambahan gula atau pemanis lainnya dapat menyumbang banyak kalori untuk tubuh. Adapun, hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan.

"Asupan gula berlebih merupakan masalah kesehatan masyarakat dan gula dalam minuman memberikan kontribusi besar terhadap total asupan," tulis penulis penelitian, dikutip dari Kompas.com (8/10/2023).

Oleh karena itu, mengurangi teh tanpa gula dapat membantu mengurangi konsumsi kalori secara keseluruhan dan mencegah risiko penyakit seperti obesitas dan serangan jantung.

Selain itu, menurut studi tahun 2023 yang diterbitkan di Journal of Molecular Science mengungkapkan, salah satu senyawa antioksidan dalam teh, Epigallocatechin 3-gallate (EGCG) memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh jika minum teh tawar setiap hari?

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Minum Teh Campur Susu?


Efek minum teh tawar setiap hari

Ada beberapa manfaat dan efek samping yang bisa terjadi pada beberapa orang bila terlalu banyak minum teh tawar setiap hari.

Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi bila minum teh tawar setiap hari:

1. Membantu menjaga tekanan darah 

Teh mengandung flavonoid, seperti flavan-3-ol yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, termasuk pengurangan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah, menurut studi Advances in Nutrition.

Adapun bila teh tanpa gula dikonsumsi setiap hari, maka manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan oleh tubuh dan membantu tubuh untuk lebih sehat.

2. Berpotensi mengurangi risiko jenis kanker tertentu

Data yang diterbitkan dalam studi Advances in Nutrition pada tahun 2020 menunjukkan, minum teh tawar secara rutin dan tidak berlebihan mungkin memiliki efek perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, terutama kanker mulut.

Selain itu, terdapat pula bukti lain yang menunjukkan hubungan antara konsumsi teh dan kanker payudara, endometrium, dan hati, dilansir dari Eatingwell.

Manfaat tersebut mungkin berasal dari kandungan polifenol teh yang memiliki sifat antioksidan, yang dapat menyerap radikal bebas yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker dan dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Teh Bersamaan dengan Telur

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com