Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gestur Gibran Saat Debat Pilpres 2024 Disorot Media Asing, Ini Katanya

Kompas.com - 23/01/2024, 09:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mendapat sorotan media asing usai tampil dalam debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Minggu (21/1/2024).

Sikap Gibran dinilai tidak sopan dengan melontarkan gestur tidak perlu dan pertanyaan menjebak yang justru membuatnya tidak menonjol dalam debat tersebut.

Sebaliknya, penampilannya mendapat sorotan masyarakat Indonesia yang mengungkapkan kritik dan kekecewaan melalui akun media sosial X, dulunya Twitter.

Sehari sejak debat cawapres kedua itu berlangsung, tanda pagar Gibran berada di jajaran teratas topik pencarian Indonesia.

Lantas apa ulasan sejumlah media asing soal sikap Gibran selama debat Pilpres kemarin?

Kata media asing soal sikap Gibran

Berikut Kompas.com merangkum sejumlah pemberitaan yang menyoroti sikap putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu selama debat keempat berlangsung:

1. Channel News Asia: Sikap Gibran terkesan kasar

Media Singapura, Channel News Asia menyoroti sikap Gibran melalui artikel berjudul "Dent in public hype over Indonesia VP candidate Gibran after 'rude' gesture against opponent in live debate" yang tayang pada Senin (22/1/2024).

Sikap Gibran disebut dinilai kasar selama debat berlangsung. Hal itu kontras dengan debat cawapres pertama yang berlangsung pada Desember 2023.

Gibran menunjukkan gestur merunduk dan pura-pura mencari barang yang hilang ketika menanggapi jawaban Mahfud MD, lawannya yang menjadi cawapres nomor urut 3.

“Saya mencari jawaban Prof Mahfud. Saya sedang mencari (jawabannya tetapi) kok saya tidak dapat menemukannya?” tanya Gibran.

Saat itu, Gibran tengah menanyakan soal greenflation kepada rivalnya. Menurut Gibran, jawaban Mahfud tidak sesuai dengan pertanyaannya.

Gestur yang ditunjukkan Gibran itu sempat membuat ketegangan saat debat berlangsung. Sebab Mahfud merespons dengan tidak mau menjawab pertanyaannya.

"Kalau ada akademisi menanyakan pertanyaan seperti itu, tidak ada gunanya dijawab. Tidak ada gunanya menjawab,” balasnya.

Mahfud beralasan, bahwa pertanyaan itu bersifat gimik dan receh.

Momen itu viral di media sosial X dalam bentuk potongan video. Warganet menyebut bahwa Gibran tidak sopan terhadap Mahfud MD.

Baca juga: Arti Greenflation dan Ekonomi Hijau yang Jadi Perdebatan Mahfud MD dan Gibran

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com