Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Misterius Terdampar di Pantai Australia, Apa Itu?

Kompas.com - 19/07/2023, 09:30 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Benda misterius ditemukan terdampar di Pantai Green Head yang letaknya sekitar 250 kilometer dari Perth Utara, Australia, pada Sabtu (15/7/2023).

Menurut pernyataan penduduk setempat, benda asing berbentuk tabung yang ditemukan di salah satu pantai terpencil di Australia itu memiliki lebar sekitar 2,5 meter dan panjang 2,5 sampai 3 meter.

Penemuan diketahui setelah seorang wanita dan pasangannya melihat benda misterius mengambang dan menyeretnya ke tepi pantai.

"Kemarin, seorang wanita lokal dan pasangannya menemukan (benda misterius) mengambang di air dan menyeretnya ke tepian dengan kendaraan roda empat mereka," kata penduduk bernama Garth Griffiths, dikutip dari ABC Australia.

"Itu semacam benda semisilinder, terbuat dari bahan serat karbon ringan seperti resin ringan. Ukurannya sekitar 2,5 meter dengan panjang 2,5 hingga 3 meter," sambung dia.

Baca juga: Ramai soal Benda Bercahaya Hijau di Langit Bandung, Ini Kata BRIN


Baca juga: Selain di AS, Benda Mirip UFO Muncul di Inggris, Pemerintah Curigai China dan Rusia

Sementara itu, pihak kepolisian setempat mengatakan benda misterius tersebut sebagai obyek yang aman atau tidak berbahaya bagi masyarakat.

Hal tersebut dipastikan setelah ada analisis dari Departemen Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat serta Pusat Kimia Australia Barat.

Meski begitu, pihak kepolisian disebut tetap akan berjaga untuk mengamankan integritas penyelidikan.

"Langkah ini diambil untuk melindungi bukti dan memfasilitasi pemeriksaan ahli lebih lanjut," kata pihak kepolisian dalam pernyataan yang diberikan kepada awak media, Senin (17/7/2023).

Baca juga: Ramai soal Penampakan Benda Diduga UFO di Bandung, Ini Kata BRIN

Badan Antariksa ikut penyelidikan

Sementara itu, Badan Antariksa Australia menjadi salah satu pihak yang terlibat dalam penyelidikan benda misterius di Pantai Green Head tersebut.

Mereka mengaku telah membantu polisi untuk mengidentifikasi benda tersebut.

Hasil identifikasi menunjukkan, benda itu mungkin berasal dari wahana peluncuran luar angkasa asing.

"Obyek tersebut mungkin berasal dari wahana peluncuran luar angkasa asing dan kami bekerja sama dengan mitra global yang mungkin dapat memberikan lebih banyak informasi," tulis Badan Antariksa Australia di akun Twitter mereka, Senin siang.

Baca juga: Viral, Video Petugas Angkat dan Dorong Mobil yang Tutupi Rel di Jalan Slamet Riyadi Solo, Pemiliknya Misterius

Baca juga: Apakah UFO dan Alien Benar-benar Ada?

Dalam peryataannya, Badan Antariksa Australia juga meminta masyarakat untuk tidak memindahkan benda misterius yang telah dijaga oleh polisi tersebut.

"Karena asal obyek tidak diketahui, masyarakat harus menghindari upaya untuk memindahkannya," demikian pernyataan Badan Antariksa Australia yang telah dilihat lebih dari 570.000 hingga Selasa (17/7/2023) pagi.

Sementara itu, menurut laporan BBC, ada spekulasi yang menyebutkan benda misterius di Pantai Green Head sebagai bagian dari tangki bahan bakar roket luar angkasa.

Dalam laporan serupa disebutkan juga kemungkinan lain yang mengidentifikasi benda tersebut sebagai bagian dari Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) India.

Baca juga: Berapa Banyak Sampah yang Ada di Luar Angkasa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com