Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Mariko Aoki, Fenomena Mendadak Ingin BAB di Toko Buku, Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 05/04/2023, 11:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video yang menunjukkan fenomena pembeli di toko buku mengalami sakit perut ingin buang air besar (BAB) tengah ramai di media sosial.

Video tersebut pertama kali diunggah akun TikTok @gramedia pada Minggu (2/4/2023). Dalam videonya, terlihat seorang petugas toko buku yang tersenyum kepada pembeli yang sedang sakit perut.

@gramedia Membalas @elrumi kami sudah biasa, jadi biasakan dirimu ya ???? #berbagilebihdekat #serunyabelajarbareng #serunyamembaca #gramedialebihdekat ? Yotube AstroCapella - AstroCapella

"Customer yang masih suka mules kalau ke Gramedia. Pegawai Gramedia yang sudah biasa," tulis akun tersebut.

Unggahan ini kemudian dibagikan oleh akun Twitter ini pada Senin (3/4/2023). Akun tersebut menuliskan tentang pentingnya mengerti perilaku pelanggan.

Salah satu warganet memberikan komentar dan menyebut itu adalah fenomena Mariko Aoki.

"Ini namanya terkenal dengan Mariko Aoki Phenomenon, tapi sejauh ini semua penjelasan masih bersifat teori," tulis akun ini.

Hingga Selasa (4/4/2023) malam, video tersebut tayang di Twitter sebanyak 592.400 kali, disukai 2.659 akun, dan di-retweet 421 kali.

Apa itu fenomena Mariko Aoki, dan bagaimana penjelasan dokter?

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut, Apa Saja?


Fenomena Mariko Aoki

Perasaan ingin BAB saat berada di toko buku dikenal luas sebagai fenomena Mariko Aoki.

Fenomena ini berasal dari nama seorang wanita berusia 29 tahun dari Suginami, Tokyo, Jepang yang membagikan pengalaman atas kejadian ini ke sebuah majalah pada Februari 1985.

"Aku tidak yakin kenapa, Tapi sejak sekitar dua atau tiga tahun yang lalu, setiap kali saya pergi ke toko buku, saya selalu ingin buang air besar," tulis Mariko Aoki dilansir dari IFL Science.

Pengalamannya kemudian disetujui oleh banyak warga Jepang. Mereka mengaku merasakan sakit perut saat berada di toko buku.

Hingga saat ini, fenomena Mariko Aoki belum terbukti secara medis atau ilmiah. Namun, para dokter berspekulasi mengenai fenomena ini.

Ada yang menyebutnya karena masalah psikologis, pengaruh aroma bahan kimia dalam tinta buku, atau perasaan ingin BAB karena sering membaca buku di kamar mandi.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi pada Halaman Buku

Sindrom iritasi usus besar

Ilustrasi sakit perut kanan atas, nyeri perut kanan atas, penyebab sakit perut kanan atas, kenapa perut kanan atas sakit.Shutterstock/jaojormami Ilustrasi sakit perut kanan atas, nyeri perut kanan atas, penyebab sakit perut kanan atas, kenapa perut kanan atas sakit.
Dokter penyakit dalam spesialis gastrologi Ari Fahrial Syam menjelaskan, pembeli dapat merasa sakit perut saat berada di toko buku akibat posisi tubuhnya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com