Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Berbagi Hadiah Terbaik di Hari Ibu

Kompas.com - 22/12/2022, 09:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Ibu diperingati setiap 22 Desember untuk menghargai peran besar seorang ibu dalam keluarga.

Berbagai peran penting dilakukan seorang ibu, mulai dari merawat, mendidik dan mengayomi anak, mengurus urusan domestik rumah tangga, menyediakan kebutuhan sehari-hari, mengatur finansial, hingga menjadi motivator dalam keluarga.

Namun, masih banyak anak-anak yang tidak dapat merasakan kasih sayang ibu dan pengasuhan yang layak pada usia tumbuh kembangnya akibat terpisah dari orangtua.

Padahal, setiap anak sangat membutuhkan sosok ibu dalam menjalani masa tumbuh kembangnya.

Kompas.com mengajak pembaca untuk memberikan dukungan kepada para ibu yang mengasuh di desa anak SOS/desa anak, dengan cara klik di sini.

Karakter dan kepribadian anak akan terbentuk dari perilaku orang terdekat dan pengaruh lingkungan tempat tinggalnya. Karena itu, ibu berperan penting dalam memberikan pengasuhan positif dengan menanamkan nilai-nilai terpuji yang berkembang menjadi kebiasaan anak.

Seorang anak juga memerlukan kasih sayang dari ibu agar dapat merasakan kehadirannya diperhatikan dan terlindungi dalam keluarga.

SOS Children's Villages hadir untuk memberikan keluarga pengganti bagi anak-anak yang mengalami perubahan pola asuh akibat kehilangan orang tua.

Momen Ibu pengasuh berinteraksi saat waktu makan bersama di salah satu desa SOS Children?s VillagesDokumen SSO.org Momen Ibu pengasuh berinteraksi saat waktu makan bersama di salah satu desa SOS Children?s Villages

Mereka memiliki salah satu program bernama Family Like Care (FLC).

Ini merupakan satu program yang dijalankan SOS Children's Villages untuk memastikan anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua dapat memiliki ibu, kakak, dan adik selayaknya sebuah keluarga.

Di Indonesia terdapat 8 desa anak atau disebut village yang tersebar di 8 kota, yaitu Banda Aceh, Meulaboh, Medan, Jakarta, Lembang, Semarang, Bali, dan Flores.

SOS Children's Villages berusaha memberikan pengasuhan berkualitas serta mendukung masa tumbuh kembang anak dengan memenuhi kebutuhan dasar, merawat dan mengasihi setiap hari, serta menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Sebagai wujud rasa terima kasih dan apresiasi atas segala kebaikan dan pengorbanan para ibu, SOS Children's Villages berkolaborasi dengan Kompas.com untuk mendukung mereka memberikan pengasuhan berkualitas bagi anak-anak agar dapat melewati masa tumbuh kembang secara optimal.

Pada momen yang spesial ini, kami mengajak seluruh Sahabat dan Pembaca Kompas.com untuk bersama-sama merayakan Hari Ibu dengan memberikan "Kado Terbaik Untuk Membalas Kasih Sayang dan Kebaikan Ibu".

Terima kasih, Sahabat. Berapa pun dukungan dan kebaikanmu sangat berarti untuk Ibu dalam memberikan pengasuhan yang berkualitas. Pembaca dapat menyalurkan kebaikan dengan cara klik di sini.

#JernihBerbagi
#TangguhBersamaAnak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com