Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Penyebab Mengapa Kita Sering Sakit Kepala ketika Bangun Pagi

Kompas.com - 26/02/2022, 10:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sakit kepala atau pusing bisa menyerang kapan saja, termasuk di pagi hari ketika kita terbangun dari tidur.

Menurut Sleep Foundation, sakit kepala selepas bangun tidur dialami oleh banyak orang.

Dibanding laki-laki, perempuan lebih sering mengalami sakit kepala di pagi hari ini. Sakit kepala di pagi hari juga lebih sering menyerang usia 45 hingga 60 tahun dibanding usia di bawahnya.

Ada banyak penyebab dari gangguan ini, mulai dari karena adanya gangguan tidur, pola hidup yang kurang sehat, dan berbagai gangguan penyakit.

Mulai dari sleep apnea, migrain, kurang tidur, kebiasaan menggerakkan gigi ketika tidur, hingga pengonsumsian alkohol, semuanya bisa memicu sakit kepala di pagi hari.

Kadang-kadang, sakit kepala juga bisa terjadi akibat gabungan dari beberapa sebab di atas.

Baca juga: Mengatasi Sakit Kepala karena Flu

Penyebab sakit kepala ketika bangun tidur

Hypothalamus adalah bagian otak yang mengatur ritme sirkadian, mengatur waktu tidur, sekaligus juga mentoleransi rasa sakit.

Gangguan pada hypothalamus ketika tidur bisa menyebabkan sensasi sakit atau nyeri. Meski kita tak merasakan sakit ini ketika tidur, tapi kita akan merasakannya begitu kita bangun.

Lantas, apa saja yang bisa mencederai hypothalamus dan menyebabkan sakit kepala ketika kita bangun tidur? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Sleep apnea

Sakit kepala seringnya disebabkan karena sleep apnea.Unsplash/Carolina Heza Sakit kepala seringnya disebabkan karena sleep apnea.
Sleep apnea adalah gangguan tidur berupa sering terjaga di tengah tidur karena adanya henti napas selama beberapa detik.

Sakit kepala di pagi hari merupakan salah satu gejala yang dimiiliki oleh pengidap sleep apnea.

2. Gangguan tidur mengorok

Mengorok bisa menjadi tanda sleep apnea. Namun tak semua orang yang punya kebiasaan mengorok juga menderita sleep apnea.

Meski begitu, kebiasaan mengorok sendiri adalah penyebab dari gangguan sakit kepala di pagi hari.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 268 responden yang memiliki kebiasaan mengorok didapatkan hasil bahwa sebanyak 25 persen dari mereka selalu terbangun dengan beban sakit kepala.

Baca juga: Meredakan Sakit Kepala pada Anak Tanpa Obat

3. Insomnia dan oversleeping

Insomnia sudah pasti bisa menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Ketika kita kurang tidur, alias tidur kurang dari 7 jam dalam sehari, maka kita rentan terbangun dengan kondisi tubuh lelah, lunglai, juga sakit kepala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com