Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Tiga Spider-Man Tiga Jaman

Kompas.com - 07/02/2022, 13:24 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

MELUNCURKAN film pada masa pandemi lazimnya dianggap stupid. Maka peluncuran Spider-Man: No Way Home sebagai lanjutan Spider-Man: Far From Home tanpa disertai optimisme menggebu.

Namun ternyata film ke 27 dari serial Marvel Cinematic Universe itu secara tidak lazim menepis segenap praduga serba pesimis.

Laris manis

Pergelaran Perdana Spider-Man: No Way Home diselenggarakan pada tanggal 13 Desember 2021, di Fox Village Theater, Los Angeles, Amerika Serikat.

SMNWH dibanjiri komentar positif memuji alur kisah, bobot emosional, kesutradaraan, sekuensa action, musik, teknik visual serta chemistry para pemeran.

SMNWH mengungguli para pendahulunya sebagai film terlaris-manis yang pernah dirilis Sony Pictures di samping menjadi film terlaris sepanjang tahun 2021.

Bahkan juga film terlaris urutan ke enam sepanjang masa sejarah perfilman dunia di bawah nomor 5: Avengers Infinity War, nomor 4: Star Wars The Force Awakens, nomor 3: Titanic, nomor 2: Avengers End Game, dan nomor wahid: Avatar.

Seru

Terlepas dari kesuksesan Box Ofice yang bisa direkayasa dengan jurus How To Lie With Statistics, harus diakui bahwa film SMNWH digarap secara seru oleh sutradara Jon Watts.

Alur kisah film dipadati adegan action perlagaan heboh dahsyat dengan teknik sinematik termutakhir tanpa meninggalkan humor mau pun sentuhan iptek dengan bobot khayalan kredibel maka meyakinkan.

Menarik bahwa kali ini Spider-Man didukung secara tidak terlalu serius oleh DR Strange untuk strangely simpang-siur bermain maju-mundur dengan dimensi waktu seirama senada dengan Avengers: Endgame mau pun trilogi Back To The future.

Jika di dalam Far From Home, Spider-Man dikecoh Mysterio mempermainkan multiverse dengan teknologi holografi, maka di dalam No Way Home, tiga Spider-Man dari tiga jaman bermain-main dengan dimensi waktu asyik mengarungi jalur metaverse. (Mohon dimaafkan saya sengaja tidak menggunakan istilah Men tetapi Man sebagai sebutan untuk tiga Spider Man yang secara gramatis seharusnya Men)

Keren

Alhasil para tokoh antagonis dari film-film Spider terdahulu kembali muncul menyemarakkan suasana.

Bahkan sang tokoh utama protagonis Tom Holland sebagai pemeran Spider-Man yang bergabung dengan Avengers kini didampingi oleh dua pemeran Spider-Man terdahulu, yaitu Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Maka dalam lelakon Spider-Man No Way Home tampil sekaligus tiga Spider-Man dari tiga jaman bersatupadu bergotong-royong rame-rame melawan angkara murka Green Goblin, Sandmann, Electro, Lizard, Doctor Octopus.

Semua perpaduan serba amazing & awesome itu membuat film Spider-Man No Way Home memang keren maka seru untuk ditonton!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com