Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Kemenkes Italia Sebut Covid-19 Bukan karena Virus tetapi Bakteri

Kompas.com - 15/02/2021, 13:12 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial, beredar unggahan yang mengklaim bahwa Kementerian Kesehatan Italia menyatakan bahwa Covid-19 bukan karena virus, tetapi bakteri yang terpapar radiasi 5G.

Informasi ini dipastikan tidak benar.

Pada 3 Juni 2020, salah seorang juru bicara dari Kemenkes Italia menyatakan bahwa informasi itu hoaks.

Narasi yang beredar

Unggahan berisi informasi yang menyebut Kementerian Kesehatan Italia menemukan bahwa Covid-19 bukan berasal dari virus, namun bakteri yang terkena radiasi 5G, beredar di media sosial Facebook.

Dalam informasi yang menyebar itu, disebutkan bahwa temuan ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan para ahli dan dokter di sana, yang melakukan otopsi pada jenazah pasien Covid-19.

Tindakan ini disebut tetap dilakukan meski melanggar ketentuan yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Selain itu, disebutkan pula bahwa Covid-19 bisa sembuh dengan mengonsumsi sejumlah jenis obat-obatan tertentu, seperti aspirin, paracetamol, dan lain-lain.

Salah satu akun yang mengunggah informasi ini adalah akun Facebook Suardana Tatto di grup Jangkriik bali, Senin (15/2/2021).

Berikut ini tangkapan layar unggahannya:

 

Tangkapan layar unggahan Facebook terkait klaim Kementerian Kesehatan Italia temukan Covid-19 bukan berasal dari virus, tapi bakteriFacebook Tangkapan layar unggahan Facebook terkait klaim Kementerian Kesehatan Italia temukan Covid-19 bukan berasal dari virus, tapi bakteri

Unggahan serupa juga bisa ditemukan di link berikut ini, ini, dan ini.

Penelusuran Kompas.com

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, unggahan dengan muatan narasi yang sama ternyata sudah beredar sejak Mei 2020 yang dibagikan oleh sejumlah pengguna Facebook dari berbagai negara.

Narasi yang disampaikan menyampaikan informasi yang saja, hanya saja disampaikan dalam bahasa Inggris. Sementara, yang beredar di Indonesia adalah hasil terjemahannya, meskipun tidak secara persis.

Berikut tangkapan layar dari salah satu unggahan isu yang sama di luar negeri:

Tangkapan layar unggahan Facebook terkait Kementerian Kesehatan Italia yang telah temukan obat untuk Covid-19 dan Covid-19 berasal dari bakteri, bukan virusFacebook Tangkapan layar unggahan Facebook terkait Kementerian Kesehatan Italia yang telah temukan obat untuk Covid-19 dan Covid-19 berasal dari bakteri, bukan virus

Informasi ini telah dibantah oleh pihak Kementerian Kesehatan Italia yang diklaim dalam informasi itu.

Melansir AFP Fact Check, 9 Juni 2020, salah seorang juru bicara dari Kemenkes Italia menyatakan narasi itu adalah hoaks.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com