Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Malam Tahun Baru di Alam Terbuka, Ini Tips Aman dari BNPB

Kompas.com - 30/12/2019, 15:03 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2019 tinggal menghitung hari. Menuju 2020, di malam pergantian tahun, biasanya diisi dengan berbagai perayaan atau melewatkannya dengan berbagai acara.

Ada yang memilih tinggal di rumah, ada pula yang berkumpul bersama rekan maupun sanak saudara.

Jika pergantian tahun kali ini ada yang berencana menghabiskannya di malam terbuka, perhatikan sejumlah tips aman dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berikut ini, mengingat cuaca yang mulai memasuki musim hujan.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo mengatakan, lakukan persiapan matang sebelum memutuskan bermalam tahun baru di alam terbuka.

Pertama, sebelum menuju lokasi perayaan, pahami risiko bencana yang mungkin terjadi di tempat itu.

"Selalu cek sekeliling lokasi dan cari info ada ancaman/bahaya apa saja yang ada. Bisa juga cek potensi ancaman bencana dengan (aplikasi) Inarisk Personal," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/12/2020) pagi.

Baca juga: Ancol Siapkan Pesta Kembang Api di 5 Titik untuk Malam Tahun Baru 2020

Misalnya, jika ingin mengunjungi kawasan pantai, pastikan Anda mengetahui perkiraan tinggi gelombang di kawasan perairan yang akan didatangi.

Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan kegiatan apa saja yang mungkin dan tidak mungkin untuk dilakukan.

Setelah mengetahui potensi bencana apa saja yang mungkin terjadi, langkah kedua yang harus dilakukan adalah mengetahui letak dan arah jalur evakuasi jika sesuatu hal yang buruk terjadi.

Penting juga untuk menghindari perilaku diri dan kelompok yang bisa mengundang bencana.

"Selanjutnya cari potensi lokasi aman dan jalur evakuasi ke lokasi tersebut, kurangi potensi timbulnya bencana seperti tidak buang sampah, potong pohon, bakar sampah dan lain-lain tanpa ditunggui," kata Agus.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Ini Daftar Libur Nasional 2020 dan Tips Berburu Tiket Murah

Jika kedua hal itu sudah dilakukan, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah membawa perlengkapan pribadi yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi gawat darurat.

"Siapkan perbekalan dan peralatan untuk darurat seperti makanan, minuman, obat-obatan, powerbank, jas hujan, dan lain-lain. Akhirnya selalu siap siaga segala kemungkinan," ujar Agus.

Meskipun bencana alam tidak bisa diprediksi secara pasti dan tidak ada jaminan kita bisa menghindarinya, persiapan mitigasi bencana yang baik dapat meminimalkan segala bentuk risiko yang mungkin terjadi.

Selamat menyambut tahun baru!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Rekomendasi Wisata Murah di Jakarta, Yogyakarta, dan Malang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com