Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIBA World Cup 2023, Legenda Timnas Basket Iran Pensiun di Indonesia Arena

Kompas.com - 03/09/2023, 06:34 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Legenda timnas basket Iran, Hamed Haddadi, pensiun di Indonesia Arena, Senayan, Indonesia, setelah laga melawan Lebanon pada FIBA World Cup 2023, Sabtu (2/9/2023).

Laga Iran melawan Lebanon pada Grup P FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena berakhir dengan skor 73-81 untuk kemenangan Lebanon.

Momen mengharukan tersaji seusai laga. Para pemain Iran bergabung dengan pemain Lebanon memberikan penghormatan kepada center Iran, Hamed Haddadi.

Haddadi memutuskan pensiun setelah berlaga pada lima Piala Dunia Basket. Haddadi pun dielu-elukan sejumlah pendukung Iran yang hadir di Indonesia Arena.

Baca juga: Hasil FIBA World Cup 2023: Perancis Menang Lawan Iran, Okobo Gemilang

Haddadi mengaku bersyukur bisa bermain di FIBA World Cup 2023 setelah menderita cedera parah.

"Saya sangat senang. Saya ingin bermain di Piala Dunia karena saya cinta bola basket," ucap Haddadi dalam keterangan LOC FIBA World Cup 2023 Jakarta.

"Saya memutuskan untuk mengakhiri karier di sini dalam usia 38 tahun, selama 24 tahun berkompetisi untuk negara saya," ucap Haddadi.

Iran menyelesaikan FIBA World Cup 2023 tanpa kemenangan dari lima game yang mereka jalani.

Baca juga: FIBA World Cup 2023: Kondisi Raul Neto Usai Ditandu Tim Medis Saat Lawan Iran

Iran finis terbawah di Grup P sekaligus menempati peringkat 32 FIBA World Cup 2023.

Adapun Lebanon finis kedua di Grup P di bawah Perancis dengan dua kemenangan dan empat kali kalah.

Hasil ini menempatkan mereka di peringkat 23 FIBA World Cup 2023, empat posisi di bawah Jepang. Sebagai tim terbaik kedua Asia, Lebanon berhak berlaga di turnamen kualifikasi Olimpiade 2024 yang akan digelar Juli tahun depan.

Sebelumnya, beberapa jam sebelum laga kontra Iran di FIBA World Cup 2023, Lebanon punya peluang tipis untuk finis sebagai tim terbaik Asia sekaligus lolos langsung ke Olimpiade Paris 2024.

Namun, kemenangan Jepang atas Tanjung Verde pada Sabtu (2/92023) malam memupuskan peluang Lebanon.

Jepang memastikan diri menjadi tim dengan ranking terbaik Asia di Piala Dunia Basket tahun ini dengan menempati posisi 19, sekaligus menyegel tiket langsung ke Olimpiade Paris 2024.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com