Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bonus untuk Tim Anggar Indonesia di SEA Games 2023, Momentum Peningkatan Prestasi

Kompas.com - 20/05/2023, 09:30 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB Ikasi), Amir Yanto, memberikan bonus kepada tim putra Merah Putih yang meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2023.

Tim anggar Indonesia dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja berhasil meraih medali perunggu di nomor beregu sable putra.

Keberhasilan tim anggar putra Indonesia dalam meraih medali perunggu tak lepas dari penampilam impresif ketiga atletnya, yakni Ricky Dhisulima, Irfandi Nurkamil, dan Dita Afriadi.

Ricky Dhisulima dkk kemudian mendapat bonus sebesar Rp 100 juta sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan dan prestasi yang telah mereka ukir dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Baca juga: Program Pelatihan Pelatih Anggar di Bali Libatkan Mantan Juara Dunia

Selain itu, Amir Yanto sebagai Ketum PB Ikasi juga memberikan bonus dengan nominal serupa kepada pelatih dan ofisial tim anggar Indonesia.

Berdasarkan rilis yang diterima KOMPAS.com, bonus tersebut sudah dijanjikan Amir Yanto menjelang keberangkatan tim anggar Indonesia ke SEA Games 2023.

Kala itu, Amir menjanjikan bonus bagi atlet yang meraih medali emas sebesar Rp 500 juta, perak Rp 300 juta, dan perunggu Rp 100 juta.

"Dengan perolehan medali, mudah-mudahan ini suatu awal yang baik untuk meningkatkan anggar ke depan," kata Amir dalam acara penyambutan tim anggar Indonesia sealigus pemberian bonus di Teras Budhe, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2023) malam WIB.

Baca juga: Upaya Mengembangkan Olahraga Anggar di Jakarta

"Oleh karena itu, kami sampaikan ke pengurus, mari kita bersama-sama tingkatkan prestasi," imbuhnya.

"Jadi antara pengurus, atlet, pelatih, dewan juri, tidak ada yang lebih tinggi," ujar Amir.

Momentum Peningkatan Prestasi Anggar Indonesia

PB Ikasi sekaligus menjadikan prestasi di SEA Games 2023 sebagai momentum untuk meningkatkan prestasi atlet anggar nasional.

Guna memaksimalkan momentum tersebut, PB Ikasi akan menggelar seleksi nasional (seleknas).

Baca juga: Klasemen Akhir SEA Games 2023: Indonesia Ketiga, Vietnam Juara Umum

Nantinya fencer terbaik akan dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) jangka panjang guna menyongsong berbagai kejuaraan tingkat internasional. 

"Kita jangka pendek adakan seleknas, artinya yang sudah ada kita seleksi. Kita ambil atlet terbaik untuk melakukan pelatnas jangka panjang dalam rangka untuk meningkatkan prestasi," ucap Amir.

Salah satu event yang sedang disongsong anggar Indonesia adalah Asian Games 2023 Hangzhou yang pelaksanaannya baru akan digelar pada 8 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com