Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pujian FIBA untuk Indonesia Arena: Akan Sempurna, Salah Satu Terbaik Asia

Kompas.com - 23/07/2022, 15:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sport and Competitions Director FIBA, Predrag Bogosavljev, mengatakan Indonesia Arena sudah sesuai dengan standar FIBA. 

Hal tersebut disampaikan Predrag Bogosavljev saat meninjau pembangunan Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/7/2022) pagi WIB. 

Indonesia Arena yang berkapasitas mencapai 16.000 penonton itu akan menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup 2023

Predrag Bogosavljev mengatakan, pembangunan Indonesia Arena sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan FIBA Equipment & Venue Center. 

Baca juga: Sekjen FIBA Terpukau Desain dan Fasilitas Indonesia Arena untuk FIBA World Cup 2023

"Sejak hari pertama kami bekerja sama erat dengan perusahaan konstruksi dan tim proteksi dan saya harus mengatakan bahwa kami sangat senang dengan diskusi ini," kata dia kepada media, termasuk Kompas.com

"Kami benar-benar berhasil menerapkan semua standar FIBA di semua tingkat. Jadi, apa pun yang akhirnya dilakukan dalam proyek telah disepakati dengan FIBA dan FIBA Equipment & Venue Center," tutur Predrag Bogosavljev. 

Predrag Bogosavljev menyebutkan bahwa Indonesia Arena bisa digunakan untuk olahraga lainnya yang dilakukan di dalam ruangan. 

Mantan pebasket itu juga meyakini Indonesia Arena akan menjadi salah satu venue terbaik di Asia. 

Baca juga: Perbasi Upayakan Indonesia Tetap Main di FIBA World Cup 2023: Masih Ada 1.000 Cara...

"Tempat tersebut pasti akan dilengkapi sepenuhnya dan selaras dengan persyaratan FIBA, yang berarti juga cocok untuk olahraga dalam ruangan lainnya karena persyaratan kami tidak lebih tinggi dari standar untuk olahraga dalam ruangan," ucapnya. 

"Jadi, jangan khawatir. Arena ini, menurut saya, akan sempurna dan mungkin salah satu arena terbaik di Asia," ujar Predrag Bogosavljev.

Adapun timnas basket Indonesia telah berjuang dalam ajang FIBA Asia Cup 2022 yang merupakan jalur kompetitif terakhir untuk lolos ke FIBA World Cup atau Piala Dunia Bola Basket 2023.

Indonesia setidaknya harus masuk ke delapan besar atau melaju hingga perempat final FIBA Asia Cup 2022 untuk tampil di pentas tertinggi, Piala Dunia, pada tahun mendatang.

Namun, anak-anak asuh Milos Pejic belum berhasil melaju ke perempat final seusai takluk pada babak kualifikasi atau playoff kontra raja bola basket Asia, China, Senin (18/7/2022).

Indonesia takluk dengan skor 58-108 dalam laga yang sangat menentukan tersebut.

Baca juga: Presiden FIBA Tinjau Indonesia Arena, Stadion Baru FIBA World Cup 2023

Sekretaris Jenderal FIBA, Andreas Zagklis (tengah), saat memantau lokasi pembangunan Indonesia Arena di komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Indonesia Arena akan menjadi venue FIBA World Cup 2023. KOMPAS.com/Farahdilla Puspa Sekretaris Jenderal FIBA, Andreas Zagklis (tengah), saat memantau lokasi pembangunan Indonesia Arena di komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Indonesia Arena akan menjadi venue FIBA World Cup 2023.

Kekalahan itu sekaligus menggagalkan upaya timnas basket Indonesia untuk lolos ke putaran final FIBA World Cup 2023 lewat jalur kompetitif.

FIBA World Cup 2023 akan dilangsungkan di Indonesia.  Selain Indonesia, FIBA World Cup 2023 juga akan berlangsung di Filipina dan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com