Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain untuk Balap MotoGP, Pemerintah Persiapkan Sirkuit Mandalika untuk UMKM

Kompas.com - 12/02/2022, 23:30 WIB
Josephus Primus

Penulis

MANDALIKA, KOMPAS.com - Pemerintah dalam menyambut perhelatan Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022 mempersiapkan pula peluang untuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Balap motor bertajuk MotoGP itu akan berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika.

Saat ini, sejak 11-13 Februari 2022, tengah berlangsung tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Seturut catatan tertulis resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) pada Sabtu (12/2/2022), pemerintah memanfaatkan kawasan sirkuit itu untuk UMKM.

Baca juga: Kecepatan Para Rider di Mandalika Bisa Lebih Tajam pada Hari Ketiga Tes Pramusim

Tercatat, ada 12 titik di kawasan sirkuit bagi 1.032 UMKM.

Letak 12 titik ada di luar dan di dalam sirkuit.

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Di Parkir Timur Sirkuit Mandalika, bakal tersedia gerai bagi 30-50 UMKM yang sebagian merupakan UMKM lokal NTB.

Sementara itu, di luar Sirkuit Mandalika, UMKM juga mendapat tempat di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM).

Ada juga dua titik bagi UMKM di pintu keluar penumpang BIZAM.

Lantas, masih ada titik bagi UMKM di Balai Latihan Kerja Internasional yang posisinya dekat dengan BIZAM.

Titik-titik untuk UMKM pun ada tersedia di Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Bangsal, bekas Bandara Selaparang di ibu kota Provinsi NTB, Mataram, kawasan Islamic Center NTB, dan Rumah Sakit Mandalika.

Sebuah bundaran yang berada di jalan by pass penghubung Bandara Lombok dan Sirkuit Mandalika.Kompas.com/Alsadad Rudi Sebuah bundaran yang berada di jalan by pass penghubung Bandara Lombok dan Sirkuit Mandalika.

Pilihan pada Rumah Sakit Mandalika karena rumah sakit itu adalah lokasi tempat uji tes usap Covid-19.

Muncul perkiraan bahwa akan banyak warga dan penonton setiap hari datang ke rumah sakit untuk melakukan tes usap demi memenuhi protokol kesehatan pencegahan meluasnya pandemi Covid-19.

Ilustrasi tes PCR dan CT valueShutterstock Ilustrasi tes PCR dan CT value

"MotoGP merupakan momentum sangat baik untuk membangkitkan ekonomi masyarakat," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Ahmad Masyhuri dalam keterangan resmi Kementerian Kominfo.

Sementara, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Kementerian Kominfo Septriana Tangkary menyebut bahwa UMKM adalah ujung tombak perekonomian bangsa.

Catatan Kominfo, hingga kini menunjukkan bahwa ada proses akomodasi hingga penggalangan sponsor bagi UMKM lokal untuk menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2022.

Pemeriksaan test swab covid-19.ANTARAFOTO/Umarul Faruq Pemeriksaan test swab covid-19.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com