Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Covid-19 Terpa Indonesia Patriots dan Pelita Jaya Bakrie, 2 Laga IBL Ditunda

Kompas.com - 30/01/2022, 15:15 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber Antara,IBL

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di kompetisi Indonesia Basketball League atau IBL 2022 kembali bertambah. Kali ini, tujuh pebasket Indonesia Patriots dan dua pebasket Pelita Jaya Bakrie Jakarta terpapar virus corona.

Sebanyak 27 personel tim Indonesia Patriots telah menjalani tes PCR pertama pada 26 Januari sebagai syarat memasuki gelembung kompetisi. 

Adapun tujuh di antaranya positif terpapar virus corona. Mereka adalah Ali Bagir Wayarabi Alhadar, AA Gede Bagus, Victory Lobbu, Serigne Modou Kane, asisten pelatih Ricky Gunawan, manajer tim Jamin Matotoran dan Renny Dwi Chandrawati.

Baca juga: Satu Kasus Positif Covid-19, IBL Tunda Laga Satria Muda Vs EVOS Thunder

Sehari kemudian, pihak penyelenggara melakukan tes ulang. Hasilnya, satu lagi pemain terindikasi positif Covid-19, yakni Aldy Izzatur Rahman.

"Kami kemudian melakukan tes ulang sekali lagi kepada delapan orang tersebut pada Sabtu, 29 Januari. Hasilnya, tujuh orang masih positif dan hanya Modou yang dinyatakan negatif COVID-19," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dikutip dari Antara, Minggu (30/1/2022).

Dengan hasil tes ini, tim Indonesia Patriots belum bisa mendapatkan clearance untuk masuk ke dalam gelembung seri kedua IBL.

Baca juga: IBL 2022, Tekad Forward Amartha Hangtuah Tatap Seri 2 di Bandung

Alhasil, pertandingan Indonesia Patriots melawan NSH Mountain Gold Timika pada seri kedua IBL 2022 di GOR C-Tra Arena, Bandung, Ahad ini terpaksa ditunda.

Kemudian, laga antara Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Satya Wacana Salatiga yang dijadwalkan berlangsung hari ini juga terpaksa ditunda.

Sebab, dua personel Pelita Jaya yaitu Govinda Julian Saputra dan Fernando Fransco Manansang dinyatakan positif Covid-19.

Pelita Jaya sebenarnya sudah melakukan tes PCR pada 26 Januari dengan hasil nol temuan Covid-19. Pada 28 Januari, mereka datang ke Bandung dan melakukan screening kedua.

 Baca juga: Kualifikasi FIBA World Cup 2023, 15 Pemain IBL Dipanggil untuk Window II

Setelah hasil tes keluar pada Minggu dini hari WIB, Fernando dan Govinda dinyatakan positif Covid-19. Pelita Jaya pun kembali melakukan tes PCR pada hari ini pukul 11.30 WIB.

"Pertandingan Pelita Jaya vs Satya Wacana terpaksa ditunda. Kami harus menunggu hasil tes PCR ulang dari Pelita Jaya," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dilansir dari laman resmi IBL, Minggu.

"Dengan demikian, dua pertandingan awal hari ini, Minggu, 30 Januari mengalami penundaan. Selain Pelita melawan Satya Wacana, laga Indonesia Patriots vs NSH Mountain Gold juga ditunda," ujar Junas.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Indonesian Basketball League (@iblindonesia)

Sebelumnya, laga Satria Muda vs EVOS Thunder Bogor di C-Tra Arena, Bandung, Sabtu (29/1/2022), juga terpaksa ditunda karena temuan satu kasus Covid-19.

Adalah pemain Satria Muda, Arief Febri, yang mendapatkan hasil positif Covid-19 setelah menjalani serangkaian tes pada Jumat (28/1/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com