Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Persiapkan Paris 2024, KOI Bentuk Program Indonesia Olympic Champion

Kompas.com - 20/01/2022, 19:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mulai bergerak mempersiapkan Olimpiade Paris 2024. Untuk mensukseskan Indonesia di Olimpiade Paris 2024, KOI memiliki program Indonesia Olympic Champion. 

Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari, mengungkapkan bahwa program tersebut dibuat untuk menghasilkan lebih banyak atlet Tanah Air yang bisa lolos kualifikasi ke Olimpiade dan meraih medali. 

Hal tersebut disampaikan Raja Sapta Oktohari selah rapat kerja Komite Olimpiade Indonesia di Artotel Suites Mangkuluhur, Kamis (20/1/2022) siang WIB. 

"Kami memiliki program yang namanya Indonesia Olympic Champions Program. Itu fokus agar Indonesia memiliki lebih banyak atlet yang lolos kualifikasi dan perolehan medali," kata Raja Sapta Oktohari. 

Baca juga: Update Pembebasan Sanksi WADA: Bendera Merah Putih Akan Segera Berkibar Lagi

"Kalau dilihat dari hasil Olimpiade kemarin, pembagian medalinya hampir rata (di Asia Tenggara). Nomor-nomor Olimpiade kami dorong karena ada cabang olahraga (cabor) andalan seperti bulu tangkis, panahan, yang selalu lolos kualifikasi. Besok (Olimpiade Paris 2024) ada panjat tebing, kita punya dua juara dunia dari putra dan putri," ucap pria yang akrab disapa Okto ini. 

Okto mengatakan bahwa tahun ini Indonesia akan mengikuti sejumlah event-event besar, baik turnamen individu maupun multi-event. 

Adapun ajang multi cabang yang akan digelar tahun ini antara lain adalah SEA Games, Asian Games, hingga Islamic Solidarity 2022. 

"Tahun ini juga bukan sibuk di dalam negeri saja, tetapi juga ada SEA Games, Asian Games, Islamic Solidarity. Belum lagi kejuaraan-kejuaraan dunia mengingat ini tahun kualifikasi Olimpiade Paris 2024," kata Okto. 

"Energinya harus kami pakai supaya tepat sasaran. Mudah-mudahan 2024 makin banyak atlet kita yang lolos kualifikasi dan kita meraih medali lebih banyak," ujar Raja Sapta Oktohari. 

Sementara itu, Deputy 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Chandra Bhakti, mendukung program-program Komite Olimpiade Indonesia. 

Baca juga: DBON untuk Kemajuan Olahraga Indonesia

Program Indonesia Olympic Champion milik KOI memang sejalan dengan DBON atau Desain Besar Olahraga Nasional yang target utamanya adalah Olimpiade. 

"KOI akan melahirkan program-program kerja yang memang harus sinergis dengan kegiatan-kegiatan di Kemenpora khususnya di bidang olahraga," kata Chandra Bhakti. 

"Memang di dalam DBON sasaran utama kita adalah Olimpiade. Untuk SEA Games, Asian Games, sasaran antara. Oleh karena itu, yang kita ke depankan adalah sport olympic potential medaly," ucap Chandra Bhakti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com