Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Piala AFF 2020 Akan Bergulir Hingga Januari 2022

Kompas.com - 07/12/2020, 20:43 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi sepak bola dua tahunan nan bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2020, akan bergulir mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) telah resmi mengumumkan jadwal Piala AFF 2020 tersebut pada Senin (7/12/2020).

Mundurnya jadwal Piala AFF 2020 dari semestinya tak lepas karena pandemi virus corona atau Covid-19 dan padatnya kompetisi pada tahun 2021.

Awalnya, Piala AFF 2020 direncanakan pada April hingga Mei 2021, tetapi kali ini harus di undur lagi sampai Desember 2021 bahkan hingga awal tahun 2022.

Baca juga: Pesan bagi Pemain Timnas U19 Indisipliner: Kalian Pilihan, Manfaatkan Kesempatan!

Hal ini diungkapkan oleh Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, yang mengaku pihaknya tetap akan berpedoman dengan prioritas utama AFF soal keselamatan.

"Seperti biasa, prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terkait dengan acara tersebut."

"Karena itu, kami terus memantau perkembangan Covid-19, baik di dalam ASEAN maupun di dunia yang lebih luas, secara berkelanjutan," kata Khiev Sameth dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Victor Dethan, Pemain Blasteran yang Dipanggil Pelatih Timnas U16

"Meskipun ada hasil yang menggembirakan dalam pengembangan vaksin, kami menyadari bahwa proses persetujuan vaksin, serta kepraktisan distribusi dan implementasi program vaksin di seluruh dunia termasuk ASEAN akan memakan waktu," ucapnya.

Tidak hanya itu, Sameth pun menyinggung dengan kabar adanya vaksin yang diharapkan dapat menyebar pada awal tahun 2021 ini pun diharapkan dapat menjadi langkah bagus.

Sehingga AFF pun berharap dengan keputusan diundurnya Piala AFF hingga akhir tahun 2021 nantinya kompetisi sudah bisa dihaduri para pecinta sepak bola di stadion.

"Melihat padatnya jadwal sepak bola untuk tahun 2021, baik internasional maupun domestik yang telah diselenggarakan sejak tahun 2020, juga menjadikan penyelenggaraan turnamen kami pada bulan Desember sebagai waktu yang ideal," ujar Sameth.

Baca juga: Indra Sjafri Beri Bocoran Lokasi TC Timnas U19 Indonesia di Spanyol

Pihak AFF juga berusaha akan memainkan turnamen bergengsi tersebut seperti format yang dilakukan beberapa tahun sebelumnya.

"Tanggal baru, mulai 5 Desember hingga 1 Januari 2022, akan memberikan kesempatan terbaik untuk acara yang akan dipentaskan dalam format penuh dengan pertandingan kandang dan tandang di babak grup dan sistem gugur."

"Selain itu, dengan stadion yang dipenuhi dengan penggemar untuk mendorong dan merayakan tim mereka," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com