Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Tokyo, IOC Akan Yakinkan Induk Olahraga Internasional

Kompas.com - 16/10/2020, 23:59 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Reuters

TOKYO, KOMPAS.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan meyakinkan induk olahraga internasional bahwa Olimpiade Tokyo tetap berlangsung pada 2021.

"Olimpiade akan dimulai pada 23 Juli 2021," kata pernyataan IOC.

Baca juga: PM Jepang Tegaskan Olimpiade Tokyo Tetap Berlangsung

Sejauh ini, IOC dan Tokyo 2020, penyelenggara lokal, sudah mengadakan pertemuan virtual dengan 200 komite olimpiade nasional dan 30 lembaga olahraga musim panas.

Bendera Olimpiade Tokyo 1940 yang batal bergulir. Pada Selasa (24/3/2020) dini hari WIB, Olimpiade Tokyo 2020 dilaporkan bakal dibatalkan, pertama kali Olimpiade ditunda sejak Perang Dunia Kedua.WIKIPEDIA Bendera Olimpiade Tokyo 1940 yang batal bergulir. Pada Selasa (24/3/2020) dini hari WIB, Olimpiade Tokyo 2020 dilaporkan bakal dibatalkan, pertama kali Olimpiade ditunda sejak Perang Dunia Kedua.

"Kami sangat percaya bahwa Olimpiade Tokyo jadi dilaksanakan tahun depan," kata Direktur Olahraga IOC Kit McConnel.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang Yoshide Suga menegaskan bahwa Olimpiade Tokyo yang tertunda satu tahun lantaran pandemi corona tetap berlangsung.

Warga dengan masker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre secara berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020).ANTARA FOTO/REUTERS/KYODO Warga dengan masker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre secara berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020).

"Kami akan bekerja sama dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan pelaksana di Jepang untuk terwujudnya hal itu," kata Suga, Jumat (16/10/2020).

Sejauh ini, lantaran penundaan hingga tahun depan, pemerintah Tokyo melakukan kajian mengenai Olimpiade yang tetap aman di tengah pandemi corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com