Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plankton: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 23/06/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Organisme akuatik terbagi menjadi tiga kelompok utama yaitu plankton, nekton, dan juga bentos. Apakah yang dimaksud dengan plankton? Untuk mengetahuinya, berikut adalah pengertian plankton dan jenis-jenisnya!

Pengertian plankton

Dilansir dari National Ocean Service, plankton adalah organisme air yang terbawa oleh pasang surut dan arus karena mereka tidak dapat cukup berenang untuk bergerak melawan kekuatan pasang surut dan arus.

Nama plankton diambil dari Bahasa Yunani “planktos” yang berarti melayang atau mengembara.

Penamaan ini merujuk pada plankton yang tidak bisa berenang dengan bebas dan hanya melayang-layang terbawa arus juga pasang surut air.

Baca juga: Mengapa Fitoplankton Penting bagi Kehidupan?

Dilansir dari K12 LibreTexts, sebagian besar plankton merupakan organisme mikroskopis atau organisme kecil yang sulit dilihat oleh mata telanjang. Namun, ada juga spesies plankton yang berukuran besar.

Jenis plankton

Plankton dibagi menjadi dua jenis berdasarkan caranya memperoleh makanan, yaitu fitoplankton dan zooplankton. Berikut adalah penjelasan keduanya!

Fitoplankton

Fitoplankton adalah jenis plankton yang mirip dengan tanaman. Mereka hidup di zona fotografis (daerah air yang terkena cahaya) dan membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

Baca juga: Apa Perbedaan Fitoplankton dan Zooplankton?

Dilansir dari National Geographic, fitoplankton adalah penghasil oksigen terpenting di dunia karena menyumbang sekitar setengah dari keseluruhan fotosintesis yang ada di bumi.

Contoh fitoplankton adalah ganggang.

Zooplankton

Jenis plankton selanjutnya adalah zooplankton. Zooplankton adalah organisme air yang bersifat heterotrof atau mendapatkan makanannya dengan memakan organisme lain.

Zooplankton tidak dapat berfotosintesis dan memakan fitoplankton sebagai makanan.

Contoh zooplankton adalah krill, larva, cacing pelagis, protozoa, siput laut, ubur-ubur, amphiopoda, ubur-ubur, dan moluska.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com