Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian-bagian Ginjal dari yang Terluar hingga Terdalam

Kompas.com - 23/03/2023, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comGinjal merupakan salah satu organ penting tubuh. Ginjal terdiri dari beberapa bagian, dari yang terluar hingga yang terdalam. Apa saja bagian-bagian ginjal dari yang terluar hingga terdalam? Berikut penjelasannya!

Dari luar ke dalam, ginjal terdiri dari tiga bagian yaitu korteks, medula, dan pelvis.

Korteks ginjal

Korteks ginjal adalah bagian terluar dari ginjal yang melapisi seluruh ginjal.

Pada korteks ginjal, terdapat nefron yang berfungsi dalam metabolisme nutrisi juga menyaring dalam dalam proses pembentukan urine.

Baca juga: Proses Pembentukan Urine

Dilansir dari Medicine LibreTexts, korteks menyediakan ruang untuk arteri dan vena ginjal, juga kapiler glomelurus yang mengaliri nefron ginjal.

Korteks ginjal juga memproduksi hormon erythroprotein yang berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Medula ginjal

Medula adalah bagian tengah dari ginjal. Dilansir dari Online Biology Notes, medula berisikan piramida 8 hingga 18 daerah berbentuk kerucut yang disebut dengan pramida ginjal atau lengkung Henle.

Piramida ginjal berisi jaringan padat nefron dan tubulus yang dipisahkan dari piramida lainnya oleh ruang bernama kolom ginjal.

Baca juga: Fungsi dan Struktur pada Ginjal

Adapun, setiap ujung nefron memiliki kapsula Bowman. Yaitu, struktur berbentuj cangkir yang berfungsi menampung urine primer dan menyaring darah.

Pelvis ginjal

Ujung nefron dari medula ginjal akan mengarah ke bagian terdalam ginjal yaitu pelvis. Pelvis ginjal memiliki bagian yang disebut sebagai hilum.

Dilansir dari Lumen Learning, hilum adalah bagian cekung berbentuk kacang tempat pembuluh darah juga saraf masuk dan keluar dari ginjal.

Hilum juga merupakan jalan keluar bagi ureter, yaitu saluran yang membawa urine keluar dari ginjal dan untuk memasuki kandung kemih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com