Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Sepak Takraw: Peraturan Permainan dan Tekniknya

Kompas.com - 31/08/2022, 17:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Sepak Takraw merupakan salah satu olahraga tradisional yang berasal dari negara di Kawasan Asia Tenggara. Permainan ini telah ada sejak abad ke-15.

Seiring perjalanan waktu, permainan ini mulai berkembang dan mulai ditandingkan dalam turnamen internasional, seperti SEA Games dan Asian Games.

Sepak takraw adalah permainan bola kecil yang memadukan dua teknik olahraga populer, yakni voli dan sepak bola. Permainan bola takraw mirip bola voli, tetapi untuk menyerang dan bertahan lebih banyak menggunakan kaki. 

Istilah sepak takraw tersusun dari kata “sepak” yang berarti menendang dalam bahasa Melayu dan “takraw” yang berarti bola rotan dalam bahasa Thailand. Tujuan dari permainan ini adalah menendang bola melewati net dan ke lapangan lawan untuk mencetak poin.

Berbeda dari olahraga voli, pemain sepak takraw tidak boleh melakukan kontak bola dengan tangan atau lengan. Pemain hanya diperbolehkan untuk menggunakan kaki, kepala, dan dada untuk menyentuh bola.

Baca juga: Sejarah Olahraga Renang dan Gayanya 

Peraturan pada olahraga sepak takraw

Peraturan dalam permainan bola takraw diatur oleh International Sepak Takraw Federation (ISTAF), termasuk peralatan dan pakaian pemain selama pertandingan. Berikut ini adalah beberapa peraturan dasar dalam permainan sepak takraw :

Posisi dan jumlah pemain sepak takraw

Pada permainan sepak takraw, dalam satu regu terdiri dari 3 orang pemain. Setiap pemain akan memiliki peran tertentu dalam permainan, yakni tekong, killer, atau feeder.

Posisi tekong berada pada lingkaran tengah lapangan, sementara killer dan feeder berada sebelah kiri dan kanan lapangan dekat net. Tugas dan peran tiap pemain adalah sebagai berikut:

  • Tekong (server), bertugas dalam melakukan servis untuk mengawali permainan. Saat melakukan servis, tekong bisa menendang bola dengan kecepatan tinggi untuk membuat lawan kesulitan bertahan.
  • Killer (Striker), bertugas untuk mengeksekusi serangan ke lapangan lawan. Saat bertahan, killer atau striker akan bertanggung jawab untuk memblokir tendangan dan smash dari pihak lawan.
  • Feeder, pemain ini harus memiliki kontrol atau penguasaan tinggi terhadap bola. Saat menguasai bola, feeder harus bisa memberi umpan yang mudah striker eksekusi. Feeder juga harus memiliki kemampuan untuk melakukan tendangan dan blok.

Perlengkapan dan lapangan pertandingan

Bola sepak takrawcanva.com Bola sepak takraw

Secara umum, lapangan permainan sepak takraw mirip seperti bulu tangkis. Bola sepak takraw mulanya berupa anyaman rotan, namun kini telah menggunakan material serat sintetis. Sejumlah peraturan mengenai perlengkapan dan lapangan pertandingan sepak takraw seperti berikut:

Bola berbentuk bulat dan terbuat dari serat sintetis dengan 12 lubang dan 20 persimpangan anyaman. Ukuran bola memiliki keliling 41-43 cm dan bobot 170-180 gram untuk pria, sementara keliling 42-44 cm dan bobot 150 – 160 gram untuk wanita.

Lapangan permainan berukuran 13,4 x 6,1 meter yang terbagi dua dengan net dengan ketinggian 1,52 meter untuk pria dan 1,42 meter untuk wanita.

Pakain yang digunakan terdiri dari jersey, celana pendek, kaus kaki, dan sepatu olahraga. Pakaian harus dimasukkan dan memiliki nomor punggung. Kapten tim akan menggunakan ban di lengan kiri yang memiliki warna berbeda dengan jersey.

Baca juga: Olahraga Bela Diri: Pengertian, Teknik Dasar, Jenis, dan Fungsinya

Perhitungan skor pertandingan

Poin dalam pertandingan sepak takraw bisa diperoleh jika pemain mampu memasukkan bola ke lapangan permainan lawan dan lawan tidak bisa mengembalikan bola, atau lawan melakukan kesalahan. Setiap kondisi tersebut akan bernilai satu poin.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com