Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Provinsi di Pulau Sumatera

Kompas.com - 25/07/2022, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com - Sumatera menjadi salah satu pulau terbesar di Idonesia dan menjadi pulau keenam terbesar di dunia. Pulau Sumatera memiliki luas sebesar 473.481 km². Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Percha, Andalasm atau Suwarnadwipa. 

Suku-suku yang mendiami Pulau Sumatera di antaranya Suku Aceh, Batak, Gayo, Lampung, Batin, Suku Anak Dalam, Kerinci, Melayu, Mentawai, Minangkabau, Nias, Palembang, Rejang, China, India, Jawa, dan lain-lain.

Pulau Sumatera juga terkenal dengan ragam kebudayaannya, seperti Tarian Saman Aceh, Rumah Gadang Sumatera Barat, Lancang Kuning Riau, Gunung Kerinci, Danau Toba Sumatera Utara, Pelabuhan Bakauheni Lampung, dan masih banyak lainnya. 

Pulau Sumatera memiliki 10 provinsi, yaitu: 

  • Provinsi Aceh
  • Provinsi Sumatera Utara
  • Provinsi Sumatera Barat
  • Provinsi Riau
  • Provinsi Kepulauan Riau
  • Provinsi Jambi
  • Provinsi Bengkulu
  • Provinsi Sumatera Selatan
  • Provinsi Bangka Belitung
  • Provinsi Lampung

Baca juga: Mengenal Tari Indang, Sumatera Barat

Berikyt penjelasannya: 

Provinsi Aceh

Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukota di Banda Aceh. Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus. 

Provinsi Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.  Berbatasan (laut) dengan India, Myanmar, Thailand, dan Malaysia. Di sebelah Timur, Provinsi NAD berbatasan dengan laut dan Provinsi Sumatera Utara. 

Puncak tertinggi Provinsi Aceh yaitu Gunung Leuser dengan ketinggian 4.446 meter di atas permukaan laut. Provinsi NAD memiliki 119 buah pulau, 73 sungai yang besar dan 2 buah danau.

Mayoritas penduduk di Provinsi NAD memeluk agama Islam. Secara administratif Provinsi Aceh terdiri dari 18 Kabupaten dan 5 Kota, 228 Kecamatan, 629 Mukim, serta 5947 Kelurahan/Desa.

Memiliki jumlah penduduk sebanyak 5.274.871 (2020) dengan luas wilayah 58.377 km² dan Rata-rata ketinggian 125 mdpl.

Provinsi Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Utara pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Kota Medan dan memiliki luas daratan 72.981,23 km².

Menurut data kependudukan tahun 2020, Sumatera Utara memiliki jumlah penduduk sebanyak 14.799.361 jiwa, sehingga Provinsi Sumatera Utara menduduki urutan keempat sebagai provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia.

Terdapat 419 pulau di provinsi Sumatera Utara. Pulau-pulau terluar adalah pulau Simuk (kepulauan Nias), dan pulau Berhala di selat Sumatra (Malaka), kepulauan Nias, Kepulauan Batu, Imanna, Pasu, Bawa, Hamutai, Batu Makalele, Lego, Masha, Bau, Simaleh, Makole, Jake, Sigata, dan Wunga.

Baca juga: 4 Lagu Daerah Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat beribukota di Padang, terletak sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Memiliki luas wilayah 42.013 km² dan jumlah penduduk sebanyak 5.534.472 jiwa (2020).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com