Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hewan Polinator sebagai Perantara Penyerbukan

Kompas.com - 18/07/2022, 12:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com -Penyerbukan melibatkan pengangkutan serbuk sari dari benang sari ke putik untuk pembuahan. Saat dibuahi, tanaman menghasilkan buah, biji, dan berkembangbiak. 

Proses penyerbukan biasanya dibantu oleh perantara penyerbukan yang disebut polinator atau vektor. Di mana polinator membantu menyebarkan sel bunga jantan ke putik betina. 

Ada beberapa hewan yang masuk dalam polinator, yaitu: 

  • Lebah 
  • Kumbang 
  • Burung 
  • Kelelawar
  • Lalat
  • Ngengat
  • Kupu-kupu 

Berikut penjelasannya: 

Baca juga: Metode Penyerbukan Bunga Berdasarkan Perantaranya

Lebah

Lebah adalah hewan yang memiliki peran paling penting dalam penyerbukan bunga. Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal sebagai makshluk sosial karena hidupnya berkelompok.

Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apoidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Jenis yang sering dijumpai di Indonesia seperti Apis Dorsata dan Apis Cerana.

Lebah memiliki sepasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu, dan atap rumah.

Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Lebah paling senang hinggap di tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning dan biru cerah. Saat hinggap di atas bunga untuk meminum nektar, serbuk sari pada bunga yang dihinggapi akan menempel pada rambut-rambut kecil di kaki mereka.

Lebah juga mampu mengangkut serbuk sari dalam jumlah yang sangat banyak. Dengan bantuan lebah ini, tanaman dapat berbuah dengan baik.

Kumbang 

Kumbang umumnya bukan hama yang berbahaya, tetapi mereka termasuk hama pertanian dan industri. Beberapa spesies tanaman kuno seperti magnolia dan rempah-rempah, dibantu penyerbukannya oleh kumbang.

Kumbang yang memakan serbuk sari, nektar, atau bunga adalah penyerbuk yang sangat penting.

Kumbang paling sering hinggap di bunga yang kusam dan buah yang terbuka di siang hari. Dengan begitu, kumbang termasuk polinator yang penting di bumi ini. 

Baca juga: Macam-macam Penyerbukan pada Bunga

Burung

Ilustrasi burung sebagai perantara penyerbukancanva.com Ilustrasi burung sebagai perantara penyerbukan

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com