Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor-Faktor yang Membuahkan Kesuksesan

Kompas.com - 04/11/2021, 14:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, bisa dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Setiap orang punya makna tersendiri terhadap kesuksesan apa yang ingin diraih. Contohnya ada orang yang menganggap jika mendapat nilai bagus, itu merupakan kesuksesan. Namun, ada pula yang beranggapan jika kesuksesan itu hidup bahagia serta apa adanya.

Walaupun kesuksesan bisa dimaknai berbeda tiap orang, pada dasarnya faktor yang membuahkan kesuksesan dipengaruhi oleh diri sendiri, lingkungan sekitar, dan orang lain.

Faktor-faktor kesuksesan

Faktor-faktor apa saja yang membuahkan kesuksesan? Berikut penjelasannya:

  • Disiplin

Menurut Sukamal B. Fadelan dalam buku Kapasitas Tanpa Batas (2012), disiplin dapat membuahkan kesuksesan yang sifatnya tahan lama. Disiplin berarti berusaha, bekerja, dan melakukan suatu kegiatan secara teratur atau taat sesuai peraturan.

  • Kerja keras

Faktor yang dapat membuahkan kesuksesan ialah mau bekerja keras dan pantang menyerah. Bekerja keras berarti selalu mau mencoba dan berusaha melakukan yang terbaik. Walau yang dilakukannya gagal, tetapi harus tetap mencoba serta pantang menyerah.

Baca juga: Sikap yang Harus Dilakukan agar Berbuah Kesuksesan

  • Percaya diri

Dikutip dari buku Percaya Diri Harga Mati (2019) karya Denieda Fanun, percaya diri membantu orang meraih kesuksesan yang diinginkannya. Tanpa sikap percaya diri, orang menjadi mudah rendah diri atau tidak percaya akan kemampuannya.

  • Tekun

Tekun berarti rajin dan bersungguh-sungguh. Dalam usaha meraih kesuksesan, seseorang harus tekun dan punya niat yang sungguh-sungguh. Misalnya ingin masuk sekolah yang diinginkan, agar terwujud, seseorang harus tekun belajar.

  • Dukungan orang lain

Faktor lain yang membuahkan kesuksesan ialah dukungan dari orang lain, seperti keluarga, orang tua, sahabat, dan lainnya. Kesuksesan akan lebih mudah diraih dengan bantuan dan dukungan orang lain. Misalnya dengan memberi semangat, saran dan kritik, atau lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com