Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangani Titik Kerusakan Jalan Batas Padang Panjang-Sicincin, HKI Pastikan Beres Akhir Juli

Kompas.com - 27/05/2024, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya Infrastruktur atau HKI ditunjuk Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mempercepat penanganan Jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin (N.040) yang terdampak banjir Sabtu (11/5/2024).

Kondisi ruas tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Jalan sepanjang 6 kilometer tidak dapat dilalui karena terdampak banjir.

Project Manager Penanganan Jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin (N.040) Eka Satriades memastikan hal ini, sebagaimana dilansir dari siaran pers, Senin (27/5/2024).

"HKI diberikan amanah membantu pemulihan pasca bencana di Jalan Bts. Kota Padang
Panjang-Sicincin, terdapat sepuluh titik yang perlu segera ditangani,” ungkap Eka.

Penanganan titik kerusakan dimulai dari Mei 2024 dan ditargetkan rampung pada akhir Juli 2024.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Material Tol Padang-Sicincin, HK Gandeng Korem 032/Wirabraja

“Saat ini, HKI tengah mengerjakan penanganan di Km 64, dan berfokus di Km 64+100 dan 64+200. Dua titik ini menjadi perhatian utama, kondisi jalan putus total akibat banjir,” imbuh Eka.

Pasca banjir menyebabkan kerusakan di Jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin, HKI langsung melakukan mobilisasi alat-alat berat seperi eskakavator dan alat pendukung lainnya dari proyek HKI terdekat untuk membersihkan sisa material akibat terjangan banjir.

“Kini, HKI tengah melaksanakan sejumlah pekerjaan seperti normalisasi sungai dan menimbun badan jalan, agar jalan segera dapat digunakan fungsional oleh masyarakat setempat,” tambah Eka.

Sebelumnya, HKI bersama PT Hutama Karya (Persero) juga telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Adapun bantuan yang diberikan yakni sembako, sandang, serta obat-obatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com