Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalin Kendaraan Menuju Destinasi Wisata Religi Meningkat

Kompas.com - 26/05/2024, 22:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu lintas kendaraan menuju destinasi wisata religi di Jawa Tengah pada Hari Raya Waisak, Kamis (23/5/2024) terpantau meningkat.

Berdasarkan data PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), peningkatan volume kendaraan terjadi di beberapa gerbang tol (GT) wilayah Solo-Ngawi, yaitu GT Karanganyar, GT Ngemplak, dan GT Colomadu.

Lonjakan volume lalu lintas terjadi di exit GT Karanganyar sebanyak 6.825 kendaraan melintas, meningkat 18 persen dari kondisi normal sebanyak 5.778 kendaraan.

Hal serupa juga terjadi di exit GT Ngemplak dengan 10.552 kendaraan melintas atau naik 34 persen dari kondisi normal sebanyak 7.876 kendaraan.

Volume lalu lintas kendaraan di exit GT Colomadu juga mengalami peningkatan yaitu sebanyak 10.674 kendaraan melintas atau naik 64 persen dari kondisi normal sebanyak 6.497 kendaraan.

Adapun destinasi wisata favorit tujuan masyarakat di Jawa Tengah, antara lain Tawangmangu, Masjid Sheikh Zayed Solo, dan Solo Safari.

Baca juga: Lalin Meningkat, 58.099 Kendaraan Lintas Tol Bali Mandara

Sementara untuk destinasi religi, pengguna jalan banyak mengarah ke wilayah Magelang menuju Kawasan Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Direktur Utama PT JSN Mery Natacha menjelaskan, pihaknya menyiapkan berbagai layanan operasional untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan perjalanan pengguna jalan.

"Dalam bidang layanan transaksi dengan menyiapkan mobile reader untuk menambah kapasitas di gerbang tol, memastikan keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di setiap gerbang tol," jelasnya.

Sementara untuk layanan lalu lintas, dipastikan keberfungsian CCTV dan Dynamic Message Sign (DMS) untuk memonitor kondisi lalu lintas serta percepatan informasi melalui aplikasi Travoy.

"PT JSN juga menempatkan personel di lokasi potensi kepadatan di sepanjang Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com