Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Jateng Lagi Cari Rumah Terjangkau? Coba Intip Pameran Ini

Kompas.com - 14/08/2023, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama 12 hari, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dan Forum Komunikasi Pengembang Perumahan Jateng menggelar Jateng Tapera Expo 2023 yang berlangsung dari 10 Agustus 2023–21 Agustus 2023.

Dalam pameran yang berlangsung selama 12 hari ini, masyarakat bisa menikmati seluruh
rangkaian acara dan menikmati bersama keluarga.

“Kami menargetkan 200.000 pengunjung bisa memanfaatkan momen ini,” ucap Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/8/2023).

Menurut Adi, kehairan BP Tapera di Jateng sebagai wujud mendekati demand (permintaan) perumahan yang layak dan terjangkau.

Baca juga: Hingga Akhir 2023, BP Tapera Bakal Guyur Pembiayaan Rumah Rp 12 Triliun

Oleh karenanya, diperlukan key enablers untuk menciptakan sinergi ekosistem pembiayaan perumahan yang optimal seperti permintaan big data, penyediaan likuiditas jangka panjang, harmonisasi regulasi pemerintah pusat dan daerah untuk suplai dan permintaan.

"Ide tersebut telah kita mulai melalui Tapera Mobile yaitu platform yang mengumpulkan, mengolah database peserta, peminatan rumah," tambahnya.

Sementara Asisten Sekretaris Daerah (Asda) Pemprov Jateng Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sujarwanto Dwiatmoko menyampaikan, pihaknya berupaya keras untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam memiliki rumah yang layak huni.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, sekarang ini dibutuhkan modifikasi produk pembiayaan perumahan dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah dalam menyelesaikan masalah perumahan berupa backlog.

”Dalam penyelesaian backlog perumahan dibutuhkan program bantuan perumahan yang tidak hanya affordable (terjangkau), namun juga equitable (adil), serta mendukung sustainabilitas bagi pihak yang terlibat dalam penyaluran bantuan subisidi perumahan,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com