Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Anda Memiliki Ruang Binatu di Rumah?

Kompas.com - 22/08/2022, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Ruang binatu merupakan ruang khusus yang digunakan untuk kegiatan mencuci dan menyeterika pakaian. Dalam desain rumah yang lebih tua, banyak rumah memiliki ruang binatu di dalam area rumah.

Namun karena ukuran properti semakin kecil dan apartemen menjadi lebih populer, arsitek menghilangkan bagian penting dari rumah ini hanya untuk menghemat ruang.

Jika ruang cuci khusus tak tersedia dalam sebuah rumah, maka sang pemilik rumah harus menyimpan mesin cuci di tempat lain.

Banyak pemilik rumah yang menempatkan mesin cuci di area dapur bahkan beberapa keluarga menaruh mesin cuci di dalam kamar mandi.

Baca juga: Tertarik Punya Ruang Cuci di Rumah? Simak 5 Tips ini!

Langkah tersebut nyatanya tidak fungsional dan bisa mengganggu aktivitas di dapur dan kamar mandi terutama jika Anda sibuk mencuci pakaian.

Hadirnya ruang cuci khusus membantu Anda mengosongkan banyak ruang di dapur dan kamar mandi sehingga kedua area tersebut bisa lebih leluasa.

Jadi bila ditanya apakah setiap rumah memerlukan ruang binatu khusus? Maka jawabannya adalah ya.

Kehadiran ruang binatu akan membuat rumah terlihat lebih rapi. Semua tumpukan pakaian yang sudah kotor bisa ditumpuk di ruang cuci untuk sementara waktu. 

Semantara pakaian yang telah kering dan bersih dapat disimpan sementara di ruang tersebut sebelum akhirnya diseterika. 

Ketika Anda memiliki ruang cuci khusus, maka semua produk yang diperlukan mulai dari deterjen hingga setrika disimpan di satu tempat.

Baca juga: Tepatkah Meletakkan Mesin Cuci di Kamar Mandi?

Anda tidak perlu repot mengumpulkan berbagai produk yang dibutuhkan dari area penyimpanan yang berbeda sehingga kegiatan mencuci pun bisa berjakan dengan lancar. 

Tidak ada yang suka melakukan tugas untuk mencuci pakaian. Tetapi pekerjaan sulit ini menjadi sedikit lebih baik ketika Anda dapat bekerja di area yang teratur dan rapi.

Nah bila rumah Anda belum memiliki ruang binatu khusus maka pertimbangkan untuk membuat ruang tambahan di area belakang rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com