Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Disebut Absen 2-3 Balapan pada 2021, Dovi Masuk?

Kompas.com - 12/11/2020, 21:10 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

KOMPAS.com - Marc Marquez sudah mengonfirmasi tak akan kembali ke lintasan balap pada 2020. Namun, ternyata tidak ada jaminan sang juara bakal ikut seri balapan MotoGP 2021 sejak awal.

Media asal Swiss, Speedweek, melaporkan bahwa Marquez terancam absen pada 2-3 balapan pertama MotoGP 2021 karena masih dalam proses penyembuhan dari operasi ketiga pada tulang humerus lengan kanannya yang patah.

Dalam laporannya, Speedweek juga mengatakan bahwa kondisi Marc Marquez sedianya lebih parah dari apa yang diungkapkan kepada publik.

"Sumber informasi di Spanyol telah mendengar selama berminggu-minggu bahwa Marquez harus menjalani operasi ketiga," tulis Speedweek.

Baca juga: Marc Marquez Pastikan Baru Kembali Balapan pada Tahun 2021

"Dia bisa melewatkan 2-3 balapan bahkan lebih pada 2021."

Isu perihal operasi ketiga Marc Marquez ini sejatinya bukan kali pertama terdengar.

Pada Oktober lalu, kabar itu dibantah Repsol Honda. Juru bicara mereka mengatakan bahwa proses pemulihan Marquez berjalan sesuai rencana.

Meskipun demikian, Repsol Honda juga tidak menyangkal bahwa fase tersebut rumit dan memakan waktu tidak sebentar.

"Tim Repsol Honda ingin memastikan proses kesembuhan Marc Marquez sesuai rencana," demikian pernyatan Repsol Honda.

"Meski prosesnya panjang dan intens, Marc dan orang-orangnya terus bekerja dan tim tidak punya alasan untuk khawatir," lanjut pernyataan tersebut.

Marc Marquez menjalani operasi pertamanya pada Juli setelah kecelakaan pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Kemudian, pebalap berusia 27 tahun itu kembali menjalani operasi kedua pada Agustus karena plat titanium yang tertanam di lengannya rusak.

Baca juga: Resmi Cuti Musim Depan, Andrea Dovizioso Janji Bakal Kembali ke MotoGP

Di sisi lain, rumor ini juga turut menyeret nama pebalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Andrea Dovizioso yang akan pisah dari Ducati pada akhir musim ini, dikabarkan berpeluang menggantikan posisi Marc Marquez di Repsol Honda.

Speedweek menyebut kondisi ini menjadi penyebab utama Dovizioso menolak semua tawaran menjadi pebalap penguji tim pabrikan dengan alasan ingin cuti dari MotoGP.

Andrea Dovizioso sendiri baru saja menyatakan ingin cuti dari Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Menarik untuk mengikuti perkembangan isu ini, apakah Marc Marquez benar-benar bisa kembali balapan pada 2021 atau akan digantikan oleh Andrea Dovizioso?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com