Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggalkan Artisnya, Agensi Kang Daniel Terancam Gulung Tikar

Kompas.com - 21/05/2024, 10:44 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com- Agensi hiburan Korea, KONNECT Entertainment berada di ambang penutupan.

Menurut laporan eksklusif dari Star News, semua artis KONNECT Entertainment telah memutuskan untuk keluar dari perusahaan.

Termasuk Kang Daniel sendiri yang menjabat sebagai CEO.

Kang Daniel dikabarkan akan mengakhiri kontraknya dengan KONNECT Entertainment setelah kontraknya berakhir pada awal Juni 2024. Dia juga akan mundur dari posisinya sebagai CEO.

Sementara itu, Yuju, yang bergabung dengan KONNECT Entertainment pada September 2021, dikabarkan mengakhiri waktunya bersama perusahaan tersebut pada pertengahan April.

Baca juga: Kang Daniel Laporkan Pemegang Saham Utama Agensinya ke Polisi

Tim tari WE DEM BOYZ menandatangani kontrak dengan perusahaan tersebut pada November 2022 tetapi keluar hanya satu tahun kemudian. 

Penyanyi dan produser Chancellor juga dikabarkan telah meninggalkan perusahaan.

Karyawan perusahaan juga hanya tersisa sekitar 20 orang dan gedung perusahaan di lingkungan Sinsa di Gangnam telah dikosongkan.

Dengan tidak adanya lagi artis di agensi tersebut, KONNECT Entertainment dikabarkan hanya tinggal menunggu waktu sebelum gulung tikar.

Baca juga: CL Eks 2NE1 Akhiri Kontrak Kerja Sama dengan Konnect Entertainment

Kang Daniel membentuk KONNECT Entertainment pada Juni 2019 dan menjabat sebagai CEO dan artis perusahaan.

Namun, pemilik mayoritas KONNECT Entertainment adalah individu dengan saham 70 persen di perusahaan tersebut.

Kang Daniel saat ini menggugat individu tersebut karena memalsukan dokumen, menggelapkan uang dari perusahaan, dan tuduhan lainnya.

Outlet media YTN melaporkan bahwa Kang Daniel memberikan pengaduan ke Badan Kepolisian Metropolitan Seoul atas tuduhan pelanggaran hukum pidana dan penipuan.

Kang telah mengajukan keluhan terhadap A, yang merupakan pemegang saham mayoritas agensinya (sekitar 70 persen), karena masalah kontrak distribusi di awal senilai 10,0 miliar won (sekitar Rp 117 miliar).

Kang mengaku mengalami kerugian karena pemegang saham A mencuri identitasnya dan membubuhkan stempel perusahaan pada kontrak distribusi di awal, pada Desember 2022.

Kang Daniel dikenal sebagai idol jebolan acara Produce 101 Season 2. Dari acara tersebut, Kang Daniel bergabung dengan Wanna One yang merupakan proyek dari Produce 101.

Debut tahun 2017, Wanna One saat itu beranggotakan 11 orang, beberapa diantaranya kini kembali ke grup asal atau memiliki grup baru, menjadi penyanyi solo bahkan aktor.

Mereka yaitu Woojin (AB6IX), Jihoon, Ong SeongWu, Lee Dae Hwi (AB6IX), Lai Guanlin, Yoon Ji Sung, Hwang Min Hyun (Nu'EST), Bae Jin Young (CIX), Ha Sung Woon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com