Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Mendiang Idol Kpop Goo Hara Memberikan Hal Penting kepada Wartawan yang Menyelidiki Skandal Burning Sun

Kompas.com - 20/05/2024, 16:50 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Mendiang idol Kpop Goo Hara baru-baru ini terungkap telah memberikan bantuan penting kepada wartawan investigasi ketika skandal Burning Sun terungkap pada tahun 2019 semasa hidupnya.

Tim investigasi BBC World Service, BBC Eye, menerbitkan film dokumenter ekstensif pada Minggu (19/5/2024) berjudul Burning Sun yang berfokus pada skandal tahun 2019 di Korea Selatan dengan nama yang sama.

Film dokumenter ini terutama menyoroti kasus ini melalui kacamata dua jurnalis investigasi wanita – Kang Kyung Yoon dan Park Hyo Sil – yang mengungkap kasus ini secara luas kepada masyarakat umum.

Baca juga: Bantu Pecahkan Kasus Burning Sun Sebelum Meninggal Dunia, Goo Hara Yakinkan Choi Jong Hoon untuk Mengaku

Film dokumenter ini mengungkapkan rincian baru dan belum pernah dilihat sebelumnya tentang kejahatan yang dilakukan sebagai bagian dari skandal tersebut.

Laporan tersebut juga mengungkap para pemain kunci yang terlibat dalam memberikan keadilan kepada para korban yang terkena dampak skandal Burning Sun, mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa mendiang Goo Hara, yang merupakan anggota girl grup KARA dan meninggal dunia pada akhir tahun 2019, telah memainkan peran penting dalam mengungkap orang-orang yang terlibat dalam skandal tersebut.

Mantan anggota Big Bang Seungri adalah pemilik klub malam yang berbagi skandal tersebut, dan juga tempat sebagian besar kejahatan terjadi.

Baca juga: Rekaman Video Perilaku Kasar Seungri Diungkap di Dokumenter Burning Sun

Seungri dihukum atas sembilan dakwaan, termasuk bersekongkol dalam prostitusi dan penggelapan.

Seungri dihukum bersama penyanyi-penulis lagu Jung Joon Young dan mantan gitaris FT Island Choi Jong Hoon, yang keduanya didakwa melakukan pemerkosaan beramai-ramai terhadap wanita mabuk dan tidak sadarkan diri.

Kebocoran data yang berasal dari ponsel Jung Joon Young mengungkap ruang obrolan di mana selebritas yang terlibat akan berbagi molka (istilah Korea Selatan yang digunakan untuk merujuk pada kamera mata-mata tersembunyi dan pembuatan film terlarang) dan terlibat dalam memfasilitasi pelacuran bagi investor dan para VIP Burning Sun.

Baca juga: Mendiang Goo Hara Jadi Sosok Penting dalam Pengungkapan Skandal Burning Sun

Kang Kyung Yoon mengungkapkan kepada BBC, Goo Hara berperan penting dalam memberikan petunjuk kepada jurnalis terkait kasus tersebut, khususnya dalam mengungkapkan identitas petugas polisi yang menjadi kaki tangan skandal Burning Sun.

Menurut Kang Kyun Yoon, identitas petugas tersebut merupakan salah satu misteri terbesar dalam kasus tersebut.

“Goo Hara muncul dan membukakan pintu untukku,” kata Kang Kyung Joon, mengatakan kepada BBC bahwa penyanyi itu tiba-tiba menghubungi reporter.

“Goo Hara dan Jong Hoon sudah dekat sejak debut mereka, dan dia juga mengenal Seungri dan Joon Young,” imbuh Kang Kyung Joon.

Baca juga: Link Nonton Dokumenter Burning Sun, Skandal Besar yang Libatkan Bintang Kpop

Kang Kyung Joon melanjutkan: “Dia mengatakan kepada saya bahwa, karena dia berteman dengan mereka, dia pernah melihat mereka di ponsel mereka sebelumnya dan berkata, 'Ada beberapa hal yang sangat aneh di sana. Apa yang kamu katakan itu benar’.” Menurut Kang, Hara secara pribadi telah menelepon Jong-hoon untuk menanyakan identitas petugas yang terlibat.

Saudara laki-laki Goo Hara, Goo Ho In, juga diwawancarai sebagai bagian dari film dokumenter tersebut, mengatakan kepada BBC, “Ketika Goo Hara berbicara dengan Jong Hoon melalui speaker ponsel, saya mendengarkan di sebelahnya. Dia berkata, 'Saya dapat membantu Anda. Beritahu reporter ini semua yang Anda ketahui’.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com