Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akui Sudah Ikhlaskan Kepergian Dante, Tamara Tyasmara Kini Mulai Berkegiatan di Luar Rumah

Kompas.com - 12/03/2024, 12:11 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis Tamara Tyasmara mengaku sudah mengikhlaskan kepergian putranya, Raden Adante Khalif Pramudityo atau Dante (6).

Meskipun demikian, dia masih terus memikirkan anak semata wayangnya itu.

“Ikhlas. Ikhlas sih ikhlas. Tapi gimana ya kadang suka kepikiran makanya semalam baru makan ke luar rumah. Tadinya kan belum ke luar rumah, ke luar rumah cuma ke Polda doang kalau ada atau ada keperluan,” ujar Tamara Tyasmara di TPU Jeruk Purut, Sabtu (9/3/2024).

Tamara mengatakan, sejak anaknya meninggal dunia, ia tidak pernah ke luar rumah. Ia hanya ke luar rumah saat ada keperluan mendesak saja.

Namun, ia disarankan untuk bangkit dan mulai berkegiatan lagi. Orang-orang sekeliling Tamara menyarankan untuk ia tidak terus terpuruk.

Baca juga: Kesedihan Tamara Tyasmara Rayakan Bulan Ramadhan Tahun Ini Tanpa Dante

“Semalam teman-teman ngajak makan ke luar karena aku di rumah terus. Kasihan Dante sedih Mama juga di rumah. Kata Pak Ustaz jangan diratapi terus, kasihan Dante. Jadi mau enggak mau coba  ke luar nyari hiburan. Pas sampai rumah sama-sama lagi,” kata Tamara.

Tamara juga tak ambil pusing dihujat di sana-sini karena ke luar rumah setelah 40 harian anaknya.

“Pokoknya aku ikhlaskan aja niat niat jahat orang itu biarkan aja gitu mereka punya hak masing-masing. Yang penting aku yang tahu, yang penting Dante tahu, Allah tahu, alhamdulillah. Pokoknya dizalimi terus tuh berasa apa ya mungkin aku mau diangkat derajatnya sama Allah atau gimana,” ujar Tamara.

Tamara bersyukur memiliki orang-orang tempat dia mencurahkan perasaan dan berkonsultasi.

Baca juga: Angger Dimas Menanti Polisi Ungkap Motif Yudha Arfandi Tenggelamkan Dante

“Yang bisa menguatkan kan aku punya konsultasi sama psikolog, terus habis itu pak ustad sama teman dekat juga. Itu sih yang menguatkan. Makanya semalam bisa keluar lagi tuh juga aku sebelumnya konsultasi dulu sama psikolog, aku nanya kayak 'boleh enggak aku pergi ke makam?' ‘ya pergi.’ Karena aku emang di rumah terus Dante nanti malah sedih,” tutur Dante.

Sebelumnya diberitakan, Dante meninggal dunia setelah belajar berenang dengan kekasih Tamara saat itu, Yudha Arfandi (33) pada 27 Januari 2024.

Yudha, yang kini berstatus tersangka, diketahui membenamkan Dante ke dalam air sebanyak 12 kali di dalam kolam sedalam 1,5 meter.

Yudha berdalih mengajari Dante berenang.

Dokter menyatakan, Dante meninggal kehabisan oksigen karena tenggelam.

Baca juga: 5 Sikap Tamara Tyasmara dan Yudha Arfandi Saat Bertemu di Rekonstruksi Kasus Meninggalnya Dante

Dia dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 76 c juncto Pasal 80 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dan atau Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, dan atau Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, dan atau Pasal 359 KUHP tentang Kelalaian yang Menyebabkan Kematian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com