Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prambanan Jazz Festival 2024 Hadirkan AR Rahman, Pencipta Lagu "Jai Ho"

Kompas.com - 05/03/2024, 17:51 WIB
Melvina Tionardus,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Prambanan Jazz Festival 2024 akan menghadirkan AR Rahman, penyanyi sekaligus pencipta lagu asal India dalam special show pada 6 Juli.

AR Rahman adalah pencipta lagu "Jai Ho" soundtrack film Slumdog Millionaire dan "Chaiyya Chaiyya" serta penerima penghargaan Grammy Awards dan Oscar.

Prambanan Jazz Festival 2024 dijadwalkan berlangsung pada 5 sampai 7 Juli.

Founder Prambanan Jazz Festival, Anas Alimi membeberkan acara tahun ini bukan hanya sebuah pertunjukan tetapi peristiwa kebudayaan yang sangat penting.

"Saya berhasil meyakinkan agent AR Rahman hanya main di Prambanan Jazz Festival tanpa di kota atau negara lain. Kami korespondensi hampir satu tahun," kata Anas Alimi dalam konferensi pers di daerah Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Bagi Anas, Prambanan Jazz Festival bukan sekedar musik melainkan harus menjadi simbol yang melampaui bahasa dan budaya.

"Jadi ketika kami membawa beberapa artis internasional itu tentunya mereka harus memiliki satu komponen-komponen yang bersentuhan paling tidak dengan musik jazz. AR Rahman itu banyak komposisinya yang mengandung musik jazz," jelas Anas Alimi soal keputusan mengundang penyanyi yang dijuluki "Mozart from Madras" itu.

Selain itu, ia menilai ada irisan budaya antara India dan Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu.

Berdasarkan risetnya, Anas menuturkan bahwa AR Rahman sempat mengadakan konser tunggal di Stadion Bukit Jalil, Malaysia pada Januari 2023 dengan jumlah 63.000 penonton.

Menurut Anas, kedatangan AR Rahman sesuai dengan pasar musik India di Indonesia karena ada sekitar 3,5 juta penduduk Indonesia keturunan India.

Tahun ini Prambanan Jazz Festival semakin spesial pula karena merupakan pagelaran di tahun ke-10 sejak perdana diadakan tahun 2015.

Sebanyak 5.000 tiket Prambanan Jazz Festival dijual mulai Selasa (5/3/2024) melalui Traveloka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com