Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Ayah Andi F Noya, Marlo Lakukan Presentasi Saat Menyampaikan Niat untuk DO

Kompas.com - 05/03/2024, 09:44 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Podcaster Marlo Ernesto pernah menyiapkan presentasi lengkap dengan slide PowerPoint di depan ayahnya, Andi F Noya, saat menyampaikan niat drop out (DO) dari kuliah.

Marlo mengatakan, meskipun ayahnya termasuk orangtua dengan pemikiran terbuka, tapi untuk persoalan berhenti sekolah, harus ada alasan yang masuk akal.

"Waktu itu gue enggak lanjut kuliah, capek banget, gue bikin PPT buat DO," ujar Marlo dikutip dari YouTube HAS Creative.

"Bokap gue selalu mau lihat data dan secara logika harus masuk akal," imbuhnya.

Baca juga: Cerita Marlo Ernesto Sempat Pilih Sembunyikan Identitas sebagai Anak Andi F Noya

Sehingga saat itu Marlo benar-benar harus menyiapkan berbagai data dan mempresentasikan rancangan masa depannya untuk mendapatkan izin berhenti kuliah.

"Jadi gue datang, rapi banget pakai kemeja dimasukin, 'selamat malam ayah ibu, kakak-kakak gue, saya mau presentasi.'Beneran gitu," ujar Marlo.

"Gue kasih tahu pilihan apa yang nanti gue ambil kalau enggak lanjut kuliah, kenapa enggak lanjut kuliah, gue bisa apa kalau enggak kuliah, pro kontra gue bikin semua di ppt,"imbuhnya.

Bukan hanya Marlo yang menciptakan suasana layaknya presentasi sesungguhnya, ayahnya juga bersikap seperti penanya dalam sebuah ruang diskusi.

Baca juga: Go Public Hubungannya dengan Cantika Abigail, Marlo Ernesto: Kita Mulai dari Awal sampai ke Altar

"Bapak gue juga kayak (sedang) ppt, 'saya boleh bertanya?' Dia berdiri," ungkap Marlo sambil tertawa.

"Setelah PPT itu, dia beneran bilang 'biar ayah sama ibu diskusi dulu, nanti jawabannya kita kasih tahu secepatnya,'" lanjutnya.

Walaupun suasana yang tercipta saat Marlo melakukan presentasi cukup serius, tapi setelah semua selesai, keluarga bisa kembali membaur seperti tidak pernah terjadi apa pun yang serius.

"Makan lagi kayak normal, kayak keluarga lagi," ungkap Marlo.

"Äkhirnya boleh (DO) tapi dengan banyak catatan," sambungnya.

Meskipun terlihat serius dalam proses menyampaikan pendapat, Marlo bersyukur memiliki orangtua yang bersikap demokratis pada anak-anaknya.

"Parah keluarga gue demokratis banget. Dia memperbolehkan kita menyuarakan pendapat tanpa harus adu argumen," ungkap Marlo.

"Beda pendapat enggak apa-apa, ada waktunya disediakan, dan kita boleh mengajukan. Kan (kalau) bapak emak zaman dulu kolot-kolot, 'lo pokoknya jadi dokter,'"tuturnya.

Marlo yang merupakan anak bungsu dari pasangan Andy F Noya dan Retno Palupi Noya, memiliki dua orang kakak laki-laki.

Dua kakak Marlo adalah Mario Randy Lamas Noya dan Marco Randy Parama Noya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com