Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu-lagu Elvis Presley, Jimi Hendrix dan Timbaland Sudah Mendarat di Bulan

Kompas.com - 28/02/2024, 14:46 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Pendaratan bulan yang membawa rekaman digital lagu-lagu Elvis Presley, Jimi Hendrix, Timbaland, dan lainnya telah mendarat di bulan pada minggu lalu.

Pendaratan bersejarah pesawat ruang angkasa Odysseus menandai pertama kalinya pendaratan pribadi berhasil mendarat di bulan, serta pesawat Amerika pertama yang mendarat sejak tahun 1972.

Pendarat membawa kapsul waktu ke bulan yang berisi berbagai artefak yang berpusat pada seni. Ini juga berisi film dokumenter, yaitu film dokumenter Climate Refugees tahun 2010 karya Michael P. Nash yang terkenal.

Baca juga: Taylor Swift Lampaui Elvis Presley sebagai Artis Solo Pekan Terbanyak di Billboard

“Jika kita meledakkan diri kita dengan senjata nuklir atau meteor menghantam kita atau perubahan iklim memusnahkan kita, ada bukti sejarah kita berada di bulan,” kata Dallas Santana seperti dilansir Billboard, Rabu (28/2/2024).

Kapsul waktu tersebut mencakup ribuan tahun, bahkan berisi fragmen notasi musik paku Sumeria.

Artis lain yang musiknya muncul dalam koleksi ini antara lain Marvin Gaye, Santana, Chuck Berry, Sly & the Family Stone, Bob Marley, Janis Joplin dan The Who dan masih banyak lagi.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Purple Haze dari Jimi Hendrix

Ia juga memiliki foto acara musik seperti Woodstock dan sampul album, seperti The Dark Side Of The Moon milik Pink Floyd.

Ia hadir dalam struktur kaca, nikel, dan NanoFiche yang dibuat untuk bertahan jutaan, bahkan miliaran tahun.

Beberapa materinya memuat lagu-lagu yang belum dirilis.

Baca juga: Sarankan Justin Timberlake Berangus Britney Spears, Timbaland Akhirnya Minta Maaf Setelah Publik Protes Keras

“Lagu-lagu yang belum pernah dirilis – sekarang mereka ada di bulan,” kata Dallas Santana, yang mempunyai ide untuk mengirim artis ke bulan.

“Dunia akan mengetahui tentang mereka,” janjinya.

Dallas Santana menekankan bahwa dia memilih musik dari tahun 1969, serta artis yang memainkan Woodstock pada tahun itu, karena suatu alasan – manusia pertama kali menginjakkan kaki di bulan pada tahun itu, tidak lama sebelum Woodstock terjadi.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu All Along the Watchtower oleh Jimi Hendrix

Dallas Santana mengatakan kepada Billboard bahwa dia berharap kapsul waktu tersebut akan membangkitkan rasa damai dan kebersamaan yang sama.

Hingga saat ini, Dallas Santana masih merahasiakan nama-nama musisi yang tampil.
“NASA tidak tahu – SpaceX belum tahu,” katanya.

“Elon Musk adalah ahli roket terhebat sepanjang masa, kami berterima kasih atas perusahaannya. Ketika kami memutuskan untuk ngobrol tentang musisi tahun lalu, kami pikir tidak pantas untuk memberitahukan kepadanya apa yang akan kami lakukan. Dan para musisi mengkhawatirkan hal itu. Mereka berkata, ‘Apakah Elon Musk ada hubungannya dengan keputusan musisi mana yang akan tampil di sana?’ Dan saya berkata, ‘Sama sekali tidak, ini adalah urusan pribadi’,” tutur Dallas Santana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com