Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rico Ceper Kena Tipu Rp 30 Juta dengan Modus Kelebihan Transfer

Kompas.com - 20/02/2024, 21:56 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Presenter sekaligus penyiar radio Rico Ceper mengungkap dirinya baru saja menjadi korban penipuan.

Rico Ceper menyebut dirinya menjadi korban penipuan dengan kerugian uang sebesar Rp 30 juta.

Rico menuturkan, kejadian ini bermula saat ada orang yang mengaku sebagai penyelenggara acara sebuah Kementerian dan sedang membutuhkan MC untuk acara tersebut.

Baca juga: Uang Rp 30 Juta Hilang, Rico Ceper Mengaku Kena Tipu Modus Bukti Transfer

“Jadi karena memang pas lagi sibuk, jadi gue enggak terlalu merhatiin, biasanya gue selalu ngecek,” ucap Rico Ceper seperti dikutip dari kanal YouTube TransTV, Selasa (20/2/2024).

Rico yang kurang memerhatikan, lalu menyetujui tawaran tersebut. Tak lama setelah menjalin kesepakatan, Rico mengaku dikirimkan bukti transfer tanda jadi atau uang DP.

Lantaran sangat mirip, Rico tak memeriksa kembali apakah benar uang DP tersebut sudah masuk atau belum.

Baca juga: Bangkit Usai Dikeluarkan dari Cagur, Bedu Sebut Tak Akan Lupakan Peran Gugun Gondrong dan Rico Ceper

Namun, tak berselang lama, Rico Ceper kembali dihubungi oleh panitia itu dan mengatakan uang DP yang ditransfer kepada Rico kelebihan dan Rico segera diminta untuk mentransfer balik kelebihannya.

Saat itu, Rico ditransfer sebanyak 30 juta dan diminta transfer balik sebanyak Rp 10 juta.

Setelah mentransfer balik ke pelaku sebanyak Rp 10 juta, Rico masih belum menyadari sampai ia diminta untuk mengulangi sebanyak tiga kali.

Baca juga: Rico Ceper Kenang Momen Nama Panggungnya Diganti Gugun Gondrong

Rico akhirnya menyadari, dirinya belum sama sekali ditransfer oleh pelaku, justru uangnya sebanyak Rp 30 juta raib yang sudah ditransfer ke rekening pelaku.

“Itu gue salahnya enggak cek mutasi rekening habis ditransfer, gue malah main transfer aja nominal kelebihan bayar yang pelaku bilang, soalnya bukti transfernya mirip banget,” ucap Rico Ceper.

Rico Ceper mengakui, dirinya kecolongan karena sebelumnya ia sudah berkali-kali dihampiri dengan modus penipuan tersebut tetapi selalu berhasil menghindar.

Baca juga: Nasihat Iko Uwais dan Rico Ceper bagi Atta Halilintar agar Cepat Menikah

Rico pun juga sudah sering mengingatkan pendengarnya saat ia siaran radio ihwal penipuan dengan modus pura-pura transfer tersebut, tetapi justru dirinya kini malah tertipu dengan modus tersebut.

“Itu padahal gue sering bilang ke pendengar buat hati-hati sama semua modus penipuan, termasuk kelebihan transfer itu, eh malah gue yang kena,” ucap Rico.

Kendati demikian, Rico memilih untuk tak melaporkan kasus penipuan yang ia alami ke polisi, Rico lebih memilih ini menjadi pelajaran semata untuknya agar lebih berhati-hati ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com